Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang dengan Strategi Team Quiz Berbantu Media Tiga Dimenasi Siswa Kelas V Semester II MI Ma'arif Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Umaroh, Siti (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang dengan Strategi Team Quiz Berbantu Media Tiga Dimenasi Siswa Kelas V Semester II MI Ma'arif Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
lengkap.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran team quiz dan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V semester II di MI Ma’arif Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, butir soal, dan RPP. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan KKM. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah apabila dalam satu kelas tersebut terdapat ?85% siswa yang telah tuntas sesuai dengan KKM. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: KKM pada mata pelajaran Matematika adalah 65, sebelum menggunakan strategi pembelajaran team quiz yang berbantu media tiga dimensi hanya ada 5 siswa (22%) yang tuntas, sedangkan 18 siswa (18%) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan strategi pembelajaran team quiz yang berbantu media tiga dimensi dalam mata pelajaran matematika pada siklus I diperoleh data 12 siswa yang tuntas degan presentase 52% dan 11 siswa belum tuntas dengan presentase 48%, jika dilihat terjadi peningkatan sebesar 30%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu terdapat 20 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar 87% sedangkan 3 siswa tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM. Terjadi peningkatan hasil belajar dari pra siklus dengan siklus I yaitu sebesar 30%, sedangkan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 35%. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran team quiz yang berbantu media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2019 16:03
Last Modified: 30 Sep 2019 16:03
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6470

Actions (login required)

View Item View Item