Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VIII D Semester 1 MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020

Marzukah, Ani (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VIII D Semester 1 MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan setelah diterapkannya metode eksperimen di MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester 1 MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang yang berjumlah 19 siswa meliputi 10 siswa laki-laki dan 9 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, jika indikator keberhasilan belajar secara klasikal mencapai 85% dari seluruh jumlah siswa.Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPAstruktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan:Hasil belajar Pra siklus ketuntasan belajar berjumlah 6 siswa atau 31,57% sedangkan tidak tuntas mencapai 13 siswa atau 68.43% dengan rata-rata nilai 68,36. siklus I yaitu ketuntasan siswa 14 siswa atau 73,68% dan tidak tuntas sebanyak 5 siswa atau 26,32% dengan rata-rata nilai 75,2. siklus II sesuai dari harapan, pencapaian ketuntasan siswa memenuhi 19 siswa atau 100% dengan rata-rata nilai 84,26. Penggunaan metode eksperimen dapat mencapai target KKM Kelas. Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian target KKM kelas yaitu 75. Pada siklus II rata-rata nilai 84,26 dan ketuntasan mencapai 19 siswa atau 100% atau lebih besar dari target ketuntasan klasikan 85% dari jumlah siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini berhenti di siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:48
Last Modified: 01 Oct 2019 03:48
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item