Pemanfaatan Laboratorium IPA Guna Mendukung Pembelajaran Siswa SMP N 1 Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2018/2019

Kustiana, Asfia (2019) Pemanfaatan Laboratorium IPA Guna Mendukung Pembelajaran Siswa SMP N 1 Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
full skripsi pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kustiana, Asfia. 2019. Pemanfaatan Laboratorium IPA Guna Mendukung Pembelajaran Siswa SMP N 1 Jatinom Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Progam Studi: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Roko Patria Jati, M.Pd. Kata kunci: Pemanfaatan, Laboratorium IPA, pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam mendukung Pembelajaran di SMP N 1 Jatinom. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana pemanfaatan laboratorium IPA guna mendukung pembelajaran siswa SMP N 1 Jatinom dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan laboratorim IPA di SMP N 1 Jatinom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan laboratorium IPA guna mendukung pembelajaran siswa SMP N 1 Jatinom dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan laboratorium IPA guna mendukung pembelajaran siswa SMP N 1 Jatinom. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari, ketua laboratorium IPA, guru IPA, dan siswa kelas VIII. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan catatan-catatan yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi data. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan: pemanfaatan laboratorium IPA guna mendukung pembelajaran siswa di SMP N 1 Jatinom digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan praktikum, tempat untuk menyimpan alat dan bahan, dan juga digunakan sebagai tempat pembelajaran pengganti ruang kelas. Pemanfaatan laboratorium IPA di SMP N 1 Jatinom telah efektif digunakan, karena penggunaan laboratorium IPA sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh kepala laboratorium IPA dan guru mata pelajaran IPA. Ketersediaan alat dan bahan laboratorium IPA dikatakan mencukupi dan dapat menunjang pembelajaran siswa di sekolah. Desain laboratorium IPA sudah termasuk baik, karena sudah memiliki ruang praktik, gudang dan tempat persiapan sebelim praktikum. Kemuadian dari administrasi laboratorium dapat dikatakan kurang, karena belum adanya laboran. Dari segi pengelolaan laboratorium, guru belum memaksimalkan penggunaan laboratorium, dan lebih memilih untuk melakukan pembelajaran dalam kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan laboratorium antara lain, faktor guru sebagai pembimbing dan pengawas serta penyedia alat-dan bahan praktikum, faktor fasilitas sebagai pendukung terlaksananya praktikum dan faktor waktu sebagai pengingat dalam melakukan praktikum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:56
Last Modified: 01 Oct 2019 03:56
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6473

Actions (login required)

View Item View Item