PENGARUH SARANA PRASARANA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM SUDIRMAN KECAMATAN TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MAZAYAH, RISALATUL (2019) PENGARUH SARANA PRASARANA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI SMA ISLAM SUDIRMAN KECAMATAN TEMBARAK KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RISALATUL MAZAYAH NIM 111-12-100.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mazayah, Risalatul 2019. Pengaruh Sarana Prasarana Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI SMA Islam Sudirman Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020. Dr. Winarno, S.Si. M.Pd. Kata kunci: Sarana Prasarana Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui siswa Kelas XI tentang Sarana Prasarana Belajar di SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung, 2) Untuk mengetahui tingkat Motivasi Belajar siswa Kelas XI di SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung, 3) Untuk mengetahui tingkat Prestasi Belajar siswa Kelas XI di SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung. 4) Untuk mengetahui pengaruh antara Sarana Prasarana Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas XI SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa angka yang kemudian diolah dan dianalisis untuk mendapatkan suatu informasi ilmiah dibalik angka-angka tersebut dan metode pengumpulan data menggunakan Angket, Wawancara dan Dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan rumus Product Moment dengan taraf signifikan (?) = 0,05 05 jika T hitung > T table, maka kuesioner sebagai alat ukur dikatan valid atau ada korelasi yang nyata antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Sarana Prasarana siswa-siswi SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung tahun ajaran 2019/2020 tersebut terletak pada kualifikasi sangat tinggi dengan mean 82, berada pada interval 82-100, tingkat Motivasi Belajar siswa-siswi SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung tahun ajaran 2019/2020 tersebut terletak pada kualifikasi tinggi dengan mean 83, berada pada interval 82-100 dan Terdapat pengaruh antara Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar secara bersama-sama Terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI di SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung sebesar 0,874 > 0,386. Setelah dihitung, besar F hitung adalah 16,500. Jadi F hitung > F tabel (16,500 > 3,28) terdapat hubungan yang signifikan antara Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI di SMA Islam Sudirman Kec. Tembarak Kab. Temanggung tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2019 03:32
Last Modified: 04 Oct 2019 03:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6501

Actions (login required)

View Item View Item