IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SD KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013

Salim, . (2015) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SD KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
25.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Salim, M.11.039, Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SD Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Tahun 2013. Tesis, Magister Manajemen Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga 2011, Pembimbing (1) Dr. H. Muh. Saerozi, M.Ag. (2) Dr. Faqih Nabhan, MM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi konsep standar proses pendidikan agama Islam oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SDN kecamatan Sumowono. Fokus pada penelitian ini adalah menjawab pertanyaan tentang: (1) Bagaimana Guru Agama Islam menyiapkan dokumen perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP), (2) Bagaimana Guru Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam, (3) Bagaimana kendala implementasi standar proses pendidikan mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Rancangan yang digunakan adalah studi kasus dengan setting penelitian dilakukan pada sembilan sekolah di kecamatan Sumowono kabupaten Semarang. Dengan informan kunci yaitu Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, kemudian informan lain adalah kepala sekolah, dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data peneliti memperoleh temuan sebagai berikut: (1) Guru Pendidikan Agama Islam memiliki dokumen Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh pengurus Kelompok Kerja Guru Agama Islam (KKGPAI) tingkat kabupaten Semarang. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam tidak sepenuhnya berstandar. Mulai dari jumlah peserta didik, buku pembelajaran belum sepenuhnya berdasarkan aturan yang ada. Guru Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran sebagian telah melakukan kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Penerapan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sebagian belum beragam. Selain itu dalam interaksi antar peserta didik dengan guru juga masih ada yang belum maksimal. (3) Kendala yang yang ada jumlah peserta didik usia sekolah dasar di beberapa sekolah belum standar disebabkan jumlah anak usia sekolah dasar memang sedikit. Buku pendidikan agama Islam untuk peserta didik di beberapa sekolah belum sepenuhnya tercukupi sesuai dengan jumlah peserta didik, akibat dari kurangnya menejemen inventarisasi buku dan koordinasi antar warga sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2016 02:48
Last Modified: 16 Mar 2016 02:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item