Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Lapisan Bumi Melalui Pemanfaatan Alat Peraga 3 Dimensi Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2018/2019

Khusna, Desy Nurul (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Lapisan Bumi Melalui Pemanfaatan Alat Peraga 3 Dimensi Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23060150051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi lapisan bumi melalui pemanfaatan alat peraga 3 dimensi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran IPA dan Siswa kelas VII yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan18 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan mulai Maret sampai April 2019. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Tindakan, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPA. 3) Observasi, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan.4) Refleksi, menganalisis data hasil pengamatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah persentase hasil belajar siswa Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus I, Siklus II, dan Siklus III diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran IPA adalah 64, Pada siklus I hasil Post Test terdapat 22 (68,75%) siswa tuntas belajar dan 10 (31,25%) siswa belum tuntas belajar dengan rata-rata kelas 69,375. Pada siklus II hasil Post Test terdapat 26 (81,25%) siswa tuntas belajar dan 6 (18,75%) siswa belum tuntas belajar dengan rata-rata kelas 76,40. Pada siklus III hasil Post Test terdapat 29 (90,625%) siswa tuntas belajar dan 3 (9,375%) siswa belum tuntas belajar dengan rata-rata kelas 85,46. Berdasarkan data siklus I ke siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 12,5%, sedangkan data siklus II ke siklus III menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 9,375%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:04
Last Modified: 09 Oct 2019 08:04
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6611

Actions (login required)

View Item View Item