PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI DALAM PERGAULAN REMAJA MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS XI IIS 1 SEMESTER II MA AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ristandi, Ulfa (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI DALAM PERGAULAN REMAJA MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS XI IIS 1 SEMESTER II MA AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23010150192.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ristandi, Ulfa. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja Menggunakan Metode Contextul Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa kelas XI IIS Semester II MA Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, M. Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja, Contextual Teaching and Learning (CTL) Penelitian ini didasarkan atas permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Akidah Akhlak, hal ini terbukti dengan masih adanya peserta didik yang nilainya masih di bawah 75. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Apakah penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja kelas XI IIS 1 semester II di MA Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas XI IIS 1 MA Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang yang terdiri dari 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data hasil observasi, analisis hasil belajar, analisis data lapangan, penarikan kesimpulan dan prosedur penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan dalam pembelajaran CTL pada materi akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlah pada siswa kelas XI IIS 1 MA Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada pra siklus peserta didik yang nilainya tuntas sebanyak 3 peserta didik atau 11,11% dengan rata-rata nilai 66,44, siklus 1 ada 13 peserta didik atau 48,15% dengan rata-rata nilai 68,18, siklus II ada 23 peserta didik atau 85,19% dengan rata-rata nilai 86,40. Dari hasil tersebut pencapaian KKM kelas pada siklus II 85,19% lebih besar dari 85%, untuk itu PTK ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:04
Last Modified: 09 Oct 2019 08:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6616

Actions (login required)

View Item View Item