PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH RINGINANOM WONOSEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mushoffi, Basyirotul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH RINGINANOM WONOSEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23040150121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mushoffi, Basyirotul.2019. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Kenampakan Permukaan Bumi Dengan Strategi Question Student Have dan Media Diorama Pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Ringinanom Wonosegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Dosen Pembeimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Question Student Have, dan Media Diorama Penelitian ini merupakan upaya meningkatan hasil belajar siswa yang dilatar belakangi dengan adanya kenyataan hasil belajar siswa kelas III MI Muhammadiyah Ringinanom Wonosegoro dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tergolong masih rendah dan belum mencapai KKM. Oleh karena itu Guru diharapkan menerapkan strategi pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Muhammadiyah Ringinanom Wonosegoro tahun pelajaran 2018/1029 dengan jumlah siswa 16 terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Data yang didapat berupa hasil belajar IPA materi Kenampakan Permukaan Bumi yang didapat dari test dan hasil pengamatan Berdasarkan hasil temuan dan analisis didapatkan kesimpulan bahwa strategi question student have dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III di MI MuhammadiyahRinginanom Wonosegoro Tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pra-siklus yaitu 7 siswa tuntas (43,75) dan 9 siswa tidak tuntas dan pada siklus II siswa tuntas menjadi 13 siswa (81,25). Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 100% (seluruh siswa tuntas) dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:04
Last Modified: 09 Oct 2019 08:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6618

Actions (login required)

View Item View Item