Aktivitas Komunikasi Verbal dan Nonverbal Orang Tua Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunarungu V- di SDLB Negeri

Putri, Viola Diane DJ (2019) Aktivitas Komunikasi Verbal dan Nonverbal Orang Tua Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunarungu V- di SDLB Negeri. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
43010150079.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Viola Diane de Johnnie. 2019. Aktivitas Komunikasi Verbal dan Nonverbal Orang Tua Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Tunarungu V-B di SDLB Negeri Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Aktivitas, Komunikasi Verbal dan Nonverbal, Anak Tunarungu Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana aktivitas komunikasi verbal dan nonverbal orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak tunarungu V-B di SDLB Negeri Salatiga. 2) Bagaimana strategi komunikasi orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak tunarungu V-B di SDLB Negeri Salatiga. 3) Apa saja faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak tunarungu V-B di SDLB Negeri Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan pendekatan komunikasi yang menggunakan komunikasi antar pribadi dan teori interaksi simbolik. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dan anak tunarungu menggunakan dua bentuk komunikasi yaitu komunikasi verbal berupa komunikasi secara langsung saling berbincang-bincang dengan bantuan isyarat gerakan bibir dan komunikasi nonverbal ketika menyentuh atau menepuk anak tunarungu saat orang tua ingin berbicara. 2) Strategi komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak tunarungu adalah dengan melakukan pendekatan komunikasi tatap muka serta selalu memberikan motivasi. 3) Hambatan pada aktivitas komunikasi orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak tunarungu, yaitu anak tunarungu tidak mampu menangkap secara cepat pesan atau informasi yang diberikan karena keterbatasan yang dimilikinya. Peran orang tua sangat berarti bagi anak tunarungu dalam mendidik atau membina anak tunarungu yang membutuhkan kesabaran dengan melihat keterbatasan yang dimiliki oleh anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:04
Last Modified: 09 Oct 2019 08:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item View Item