ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIRELA DI KSPPS BMT ANDA KC. AMBARAWA

RISKI, DEDIK (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIRELA DI KSPPS BMT ANDA KC. AMBARAWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
64010160025.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rizki, Dedik. 2019. Analisis Pemasaran Produk Tabungan Sirela di KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi D III Perbankan Syariah Institut Agama Isalam Negeri (IAIN) Salatiga, Dosen Pembimbing Taufikur Rahman, S.E., M. Si. NIP. 19770506 200912 1 007. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa. Salah satu produk yang terdapat di KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa adalah SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) yang merupakan simpanan yang penarikan dan pengambilannya bisa dilakukan sewaktu-waktu dan produk tersebut diminati oleh masyarakat maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan sukarela (SIRELA) dan Analisis SWOT produk tabungan SIRELA di KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, pertama: strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa menggunakan 4P yang meliputi a) product yaitu simpanan sukarela lancar (SIRELA), b) price yaitu bagi hasil yang menarik, c) place yaitu tempat pemasaran dilakukan sangat strategis dekat pengusaha, pedagang kaki lima, dekat dengan swalayan dan pusat pendidikan, d) promotion yang digunakan KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa meliputi brosur, website, bilboard, door to door dan jemput bola. Kedua: analisis SWOT produk tabungan sirela di KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa yang meliputi a) strenght yaitu penyetoran dan penarikan dapat dilakukan setiap saat, b) weakness yaitu tidak ada fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri), c) opportunities yaitu agar lebih aman dana tersebut terkumpul untuk kebutuhan yang akan mendatang dan mendesak serta apabila sewaktu-waktu membutuhkan dapat diambil d) threats yaitu persaingan produk sirela yang semakin ketat di sebabkan anggota sudah kritis dan pandai membanding-bandingkan produk sirela di KSPPS BMT ANDA KC. Ambarawa yang satu dengan yang lainnya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Sirela, Mudharabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:04
Last Modified: 09 Oct 2019 08:04
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6623

Actions (login required)

View Item View Item