PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V MI KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NUDHAR, AFIFAH NURI (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V MI KUMPULREJO 02 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23040150025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nudhar, Afifah, Nuri. 2019. Peningkatan Hasil belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Inquiry dan Media Diorama pada Siswa Kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga . Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Inquiry, Diorama Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 yang dilatar belakangi karena dalam pembelajaran IPA dirasa cukup sukar maka perlu adanya model dan media yang bervariasi sehingga kemampuan untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal dapat terpenuhi. Rumusan masalah ini adalah apakah model Inquiry dan Media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Siklus Air pada siswa kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 28 siswa yang terdiri atas 16 siswa dan 12 siswi. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di MI Kumpulrejo 02 Salatiga tahun 2019 model Inquiry dan media Diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPA Materi Siklus Air. Hal ini dibuktikan dari persentase hasil belajar yang meningkat dari Siklus I ke Siklus II. Siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar ada 20 (71%) siswa dan yang belum tuntas 8 (29%). Siklus II terdapat 28 (100%) seluruh siswa. Berdasarkan data tersebut, hasil belajar siswa kelas V MI Kumpulrejo 02 Salatiga setelah dilakukan penelitian mengalami peningkatan siklus I 71% dan siklus II 100%. Peningkatan yang diperoleh dari siklus I (71%) ke siklus II (100%) adalah 29%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:04
Last Modified: 09 Oct 2019 08:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6640

Actions (login required)

View Item View Item