Pola Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Materi Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya dalam Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan

BASTIAN, FAHMI (2019) Pola Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Materi Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya dalam Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
thesis fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Materi Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya dalam Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan. Tesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pola pendidikan lingkungan hidup di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap, 2) Pola integrasi Pendidikan lingkungan hidup dengan materi pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap, 3) Pembentukan perilaku peduli lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil kepala Madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam dan pengelola program Adiwiyata. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposif dan snowball dan menggunakan teknik keabsahan trianggulasi data. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Pola pendidikan lingkungan hidup di MAN 1 Cilacap terdiri dari meknisme manajemen atau pengelolaan mulai dari proses perencanaan, strategi dan metode serta pelaksanaannya, sehingga pendidikan lingkungan ini memberikan atmosfir di sekolah. Jadi pendidikan lingkungan hidup sudah terintegrasi ke dalam program sekolah, 2) Integrasi pendidikan lingkungan hidup dengan materi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cilacap tertuang dalam perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Guru PAI meliputi penyusunan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengintegrasian Materi, metode pembelajarannya, serta evaluasi untuk setiap tahun pelajaran. Selain itu juga dengan kegitan ekstrakulikuler yang diharapkan juga bisa memperkuat tujuan sekolah yang berbudaya lingkungan, 3) Ppembentukan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup yang tertanam terhadap siswa melalui beberpa strategi yang diterapkan oleh sekolah seperti, melalui proses pegajaran di dalam kelas selain itu guru juga memberikan keteladanan kepada siswa, membiasakan siswa dalam setiap kegiatan belajar mengajar untuk selalu peduli dengan lingkungan, serta guru memberikan nasihat kepada siswa dalam upaya membentuk perilaku peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:18
Last Modified: 21 Oct 2019 01:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item