KESADARAN INTUITIF GURU DALAM PENGGUNAAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH ( Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Tengaran dan Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an As-Surkati Salatiga Tahun 2015)

Pramudhiarto, Ujang (2015) KESADARAN INTUITIF GURU DALAM PENGGUNAAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DALAM PEMBELAJARAN FIKIH ( Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Irsyad Tengaran dan Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an As-Surkati Salatiga Tahun 2015). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ujang Pramudhiarto_M1.11.043.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pelajaran fikih memiliki hubungan yang sangat erat dengan bahasa arab. Hal ini tidak bisa dipungkiri mengingat sumber utama pengambilan hukum fikih yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah, menggunakan bahasa arab. Ulama-ulama Islam juga menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pengantar dalam penulisan kitab-kitab mereka. Tidak ada satu kitab induk yang dijadikan rujukan dalam pelajaran fikih, kecuali kitab atau buku tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa arab. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran intuitif guru dalam penggunaan bahasa Arab pada saat melaksanakan pembelajaran fikih, di MA Al-Irsyad Tengaran dan MA Tahfidzul Qur’an As-Surkati Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengungkapkan fakta yang terjadi di dua sekolah tersebut. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara dan pengamatan lapangan, dan selanjutnya dilakukan penyajian hasil penelitian dengan analisa yang mendalam disertai dengan penarikan kesimpulan. Rumusan masalah yang dibahas meliputi kesadaran intuitif, bahasa Arab, ilmu fikih, alasan dari pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan bahasa Arab, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan bahasa Arab, faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran intuitif guru dalam penggunaan bahasa Arab di pelajaran fikih dan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran fikih dengan menggunakan bahasa Arab. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui kesadaran intuitif guru dalam memahami bahasa Arab sebagai bahasa pengantar pelajaran Fikih dan juga untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran intuitif tersebut. Secara teoritis penulisan ini berguna dalam pengembangan keilmuan di bidang pendidikan khususnya pada strategi, desain atau perencanaan, pengelolaan dan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Fikih. Secara praktis penulisan ini berguna bagi guru-guru mata pelajaran Fikih dalam mencari alternatif penggunaan bahasa pengantar di kelas, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 06:19
Last Modified: 09 Feb 2016 06:19
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item