Internalisasi Pendidikan Karakter Religius dalam meningkatkan Religious Culture pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Surakarta.

Assa’iidah, Nuurur Rahmah (2019) Internalisasi Pendidikan Karakter Religius dalam meningkatkan Religious Culture pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Surakarta. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS-dikompresi.pdf

Download (835kB)

Abstract

Perkembangan dunia yang semakin maju membawabanyakdampak baik yang mengarah pada hal positif atau malah padahal yang negatife, banyak persoalan yang timbul baik dari kalangan masyarakat maupun juga dari lembaga pendidikan. Untuk itu penting sekali internalisasi nilai karakter religious dalam meningkatkan kualitas religius culture sebagai langkah preventif. Dengan melihat kondisi pelajar sekarang ini yang mengalami dekadensi moral dan akhlak, banyak tindakan yang menyimpang dan jauh dari nilai agama dan moral yang dilakukan oleh pelajar. Pendidikan hanya sebagai simbol yang tanpa arti dengan hanya mementingkan angka kelulusan tanpa memperhatikan nilai moral dan spiritual yang justru lebih penting dari sekedar angka title kelulusan.Fokus penelitian adalah untuk membahas Internalisasi Nilai Karakter Religius Dalam Meningkatkan Kualitas Religious Culture Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan focus penelitian mencakup: (1) Nilai karakter religious apakah yang ditanamkan (2) Strategi apa yang dilakukan dalam internalisasi nilai karakter religius, (3) Bagaimana pandangan dan respon stakeholder internalisasi nilai karakter religious yang ditanamkan di SMK Negeri 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptifanalitik, pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisa meliputireduksi data, display data dan verifikasi data, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti. Tehnik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode dan ketekunan pengamatan sumber informan adalah Kepala Sekolah , Guru Agama Islam, dan siswa. ix Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai yang ditanamkan adalah nilaiIlahiyah yang berhubungan dengan tuhan dan nilai Insaniayah yang berhubungan dengan sesame manusia nilai ini adadalam pemebelajaran pendidikan agama islam, (2) Strategi yang digunakan guru pendidikan agama islam diawali dengan melakukan perencanaan progam kegiatan, melakukan pendekatan pada siswa secara formal dan non formal, memberikan teladan pada siswa, (3) Pandangan dan respon Stakeholder yaitu Menjalin komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orangtua siswa, orang tua mengontrol kegiatan siswa, pihak sekolah dapat meminta laporan perilaku siswa dari orang tua dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:13
Last Modified: 30 Oct 2019 03:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item