ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMELS (Studi Kasus Perbankan Syariah Indonesia dengan Malaysia Periode 2013-2014)

NOFITASARI, WIWIT AYU (2016) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMELS (Studi Kasus Perbankan Syariah Indonesia dengan Malaysia Periode 2013-2014). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
WIWIT AYU NOFITASARI-PS S1-21311005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nofitasari, Wiwi tAyu. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Menggunakan Metode CAMELS (Studi Kasus Perbankan Syariah Indonesia dengan Malaysia Periode 2013-2014). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jurusan Perbankan Syariah S1. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fetria Eka Yudiana, M. Si. Kata Kunci: Perbankan Syariah Indonesia dan Malaysia, Kinerja Keuangan, dan CAMELS. Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk melihat kesiapan perbankan syariah dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan ekonomi global, sekaligus sebagai indicator penilaian persaingan industry perbankan syariah khususnya di ASEAN, terutama negara Indonesia dan Malaysia. Pertanyaan pertama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kinerja keuangan perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia periode 2013-2014?, (2) bagaimanakah perbandingan kinerja keuangan perbankan syariah di Indonesia dengan Malaysia periode 2013-2014?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan atau annual report. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa annual report yang diperoleh dari web resmi masing-masing bank syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perbankan serta perbandingan kinerja keuangan perbankan syariah Indonesia dengan Malaysia periode 2013-2014. Indikator dalam mengukur kinerja perbankan syariah dengan menggunakan CAMELS. Rasio-rasio CAMELS, yaitu CAR, BDR, NPM, ROA, BOPO, LDR, dan MR. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebagian besar indicator kinerja keuangan perbankan syariah antara Indonesia dengan Malaysia tidak terdapat perbedaan yang signifikan, terutama pada rasio CAR, ROA, LDR, dan MR. Sedangkan untuk rasio BDR, NPM, dan BOPO terdapat perbedaan yang signifikan antara perbankan syariah Indonesia dengan Malaysia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:03
Last Modified: 29 Mar 2016 07:03
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item