UPAYA MENINGKA TKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM POKOK BAHASAN HUKUM BACAAN MIM SUKUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENINGKAT AN KAPASIT AS BERFIKIR PADA SISW A KELAS V SD NEGERI P ADAAN 02 T AHUN AJARAN 2010/2011 KECAMATAN P ABELAN KABUPA TEN SEMARANG

NURZAHID, AFDHOLY (2011) UPAYA MENINGKA TKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM POKOK BAHASAN HUKUM BACAAN MIM SUKUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENINGKAT AN KAPASIT AS BERFIKIR PADA SISW A KELAS V SD NEGERI P ADAAN 02 T AHUN AJARAN 2010/2011 KECAMATAN P ABELAN KABUPA TEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AFDHOLY NURZAID.pdf

Download (51MB)

Abstract

Pelajaran Baca Tulis AI-Quran merupakan pelajaran yang sangat penting di Sekolah Dasar selain sebagai faktor utama dalam membaca Al• quran juga mengingat 100% siswa di SD Negeri Padaan 02 menganut agam Islam atau muslim. Akan tetapi pelajaran tersebut bukanlah pelajaran yang mudah dan bisa di anggap enteng. Pada kenyataanya masih banyak siswa yang kesulitan dalam membaca Al-quran dengan benar sesuai kaidah atau aturan membaca Al-quran. Hal ini di buktikan dengan nilai mata pelajaran Baca Tulis Al-quran pada kelas V masih sangatlah rendah dan kurangnya minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran tersebut sehingga cenderung tidak memperhatikan. Dengan adanya situasi dan kondisi tersebut peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Peningkatan Kapasitas Berfikir.Peneliti bertujuan meningkatkan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Peningkatan Kapasitas Berfikir dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri padaan 02 tahun ajaran 20l0/2011 yang tergolong kelas yang mendapat nilai paling rendah di bandingkan dengan kelas-kelas lainnya.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan latar belakang siswa kelas V SD Negeri Padaan 02 yang terdiri dari 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi atau pengamatan, hasil evaluasi siswa dari siklus I dan ke II dan nara sumber yakni guru Pendidikan Agama Islam.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada materi hukum bacaan mim sukun meningkat dari siklus I dan kell. Hasil belajar siklus [ nilai rata-rata kelas 63, dengan jumlah siswa yang tuntas 6 orang yakni 50%, siklus ke II nilai rata-rata 75 dengan 10 siswa tuntas 83.3%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2020 00:48
Last Modified: 30 Jan 2020 00:48
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item