PENGARUH AKTIVITAS MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MTS DARUL ULUM REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011.

BAHAUDIN, AMRINA (2011) PENGARUH AKTIVITAS MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MTS DARUL ULUM REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AMRINA BAHAUDIN.pdf

Download (68MB)

Abstract

Penelitian ini menerangkan tentang Perpustakaan sekolah merupakansumber informasi yang secara positif membantu melaksanakan pendidikan, yaitumembangkitkan kegemaran dan minat membaca, meningkatkan selera membacasiswa sehingga diharapkan mereka termotivasi di dalam belajar. Tentangperpustakaan "Perpustakaan adalah suatu tempat, dimana para siswa dan gurudapat memperoleh informasi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugasyang diberikan oleh sekolah, dalam rangka pelaksanaan kegiatan belajarmengajar". Dalam realitanya kebanyakan sekolah mengabaikan keberadaanperpustakaan sekolah sebagai sumber belajar yang menyediakan berbagai bukupenunjang wawasan siswa dalam memecahkan setiap persoalan dalam duniapendidikan terutama ketika menyelesaikan tugas mata pelajaran. Sehinggakeberadaannya tidak digunakan secara optimal dan menyebabkan siswa hanyabergantung pada buku materi saja sehingga proses belajar mengajar menjadi tidakproduktif dan bahkan berjalan secara stagnasi. Dengan permasalan tersebutpeniliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang "Pengaruh AktivitasMengunjungi Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs DarulUlum Reksosari, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang tahun 2011.Dalam pembahasan tentang tujuan penelitian diantaranya adalah untukmengetahui aktivitas siswa dalam mengunjungi perpustakaan, mengetahui hasilprestasi belajar siswa, dan mengetahui pengaruhnya aktivitas mengunjungi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa. untuk menjawab permasalahandiatas, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dimana metodepenelitian ini terdiri dari pengertian metodologi penelitian dan pembahasan,metode penentuan obyek yang di tentukan dengan menggunakan metode pupulasi,metode pengumpulan data metode analisa data, dan metode pembahasan.Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagaiberikut: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antaraperpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa. Selanjutnya, penulismengkolsultasikan dengan tabel koefisien product moment untuk nilai N = 44yaitu taraf signifikan 5 % sebesar 0,29 %, sedangkan untuk 1 % sebesar 0,384,sehingga terbukti bahwa tingkat pengaruh perpustakaan sekolah terhadap prestasibelajar siswa MTs Darul Ulum dinyatakan berpengaruh positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:10
Last Modified: 30 Jan 2020 04:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item