SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAMAL FALAH SALATIGA TAHUN 2015

RIYANA, RIYANA (2016) SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAMAL FALAH SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
riyana.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riyana. 2015. 11111023. Sistem Pendidikan Pondok Pesantren dalam Membentuk Kepribadian Santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga Tahun 2015. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si Kata Kunci: Sistem Pendidikan, Pondok Pesantren, Kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sistem pendidikan di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah. (2) upaya yang dilakukan dalam membentuk kepribadian santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah. (3) faktor pendukung sistem pendidikan ponpes dalam membentuk kepribadian santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah. (4) faktor penghambat sistem pendidikan ponpes dalam membentuk kepribadian santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menitik beratkan pada data kualitatif yaitu data hasil wawancara, observasi, dokumentasi. Sampel penelitian diambil dari santri putra-putri Al Falah.Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian berupa daftar pertannyaan yang terangkum dalam pedoman wawancara. Pedoman wawancara menggunakan triangulasi yang ditujukan kepada pengasuh, pengurus dan santri. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data mengenai hal-hal yang berupa transkrip, catatan, buku, dan lain sebagainya dan melengkapi data yang diperoleh dari hasil wawancara atau observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa: Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem pendidikan pondok pesantren Al Falah meliputi manajemen, tujuan, kurikulum, dan proses belajar mengajar. Upaya yang dilakukan dalam membentuk kepribadian santri yaitu pendekatan personal, pembiasaan yang baik, penerapan kedisiplinan, keteladanan, penanaman kesadaran pada diri santri, pendidikan yang mengutamakan Akhlaqul’karimah, pemberian sanksi. Faktor pendukung sistem pendidikan ponpes yaitu pengasuh yang bijaksana, dewan asatidz asatidzah yang berkompetensi, pengurus yang tegas, peraturan yang konsisten, lingkungan pondok yang nyaman, sarana prasarana yang memadai.Sedangkan faktor penghambat sistem pendidikan yaitu kurangnya kesadaran santri, santri belum bisa mengatur waktu sebaik mungkin, muncul rasa malas pada diri santri, teknologi yang disalahgunakan, hubungan keluarga yang kurang harmonis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:47
Last Modified: 29 Mar 2016 07:47
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item