PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH TENTANG ZAKAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI AL ISLAM LESANPURO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG TAHON AJARAN 2010/2011

JAMIYATI, JAMIYATI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH TENTANG ZAKAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI AL ISLAM LESANPURO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG TAHON AJARAN 2010/2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JAMIYATI.pdf

Download (63MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar bagisiswa kelas IV MI Al Islam Lesanpuro. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melaluipenelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran ActiveLearning yang diterapkan? (2) Dan apakah penerapan metode pembelajaran ActiveLearning dapat meningkatkan prestasi belajar?. Untuk menjawab pertanyaan tersebutmaka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dari Model Kemmis.Dalam penelitian tindakan yang menggunakan Model Kemmis ini yangpertama-tama dilakukan antara lain merencanakan penelitian, tindakan dari sikluspertama sampai siklus tiga, mengadakan observasi dan refleksi pada siswa.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajranActive Learning yang didalamnya meliputi metode resitasi, diskusi, demonstrasi dantanya jawab yang diterapkan pada materi zakat dapat meningkatkan hasil prestasibelajar. Peningkatan itu berdasarkan hasil prestasi yang dicapai per siklus. Dari siklusI ke siklus II meningkat 20,5% dan siklus II ke siklus III meningkat 20%. Jadipenggunaan metode pembelajaran Active Learning yang sesuai dengan materi akansangat membantu kelancaran proses pembelajaran dan dapat menuntaskan KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 02:33
Last Modified: 03 Feb 2020 02:33
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6931

Actions (login required)

View Item View Item