WAWASAN PENDIDIKAN PADA JAMA'AH THARIQAH NAQSYABANDIYAH(DI DUSUN NGELOSARI DESA JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011)

KRISNIATI, KRISNIATI (2011) WAWASAN PENDIDIKAN PADA JAMA'AH THARIQAH NAQSYABANDIYAH(DI DUSUN NGELOSARI DESA JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2011). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KRISNIATI.pdf

Download (91MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui wawasan pendidikanbagi Jama'ah Thariqah Naqsabandiyyah. Pertanyaan yang ingin di jawab melaluipenelitian ini adalah : 1. Bagaimana wawasan pendidikan masyarakat di dusunNgelosari Desa Jombor Kecamatan Tuntang. 2. Bagaimana wawasan pendidikanpada Jama'ah Thariqah Naqsyabandiyah. 3. Apa faktor pendukung danpenghambat pendidikan pada Jama'ah Thariqah Naqsyabandiyah.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif, dan untukmendapatkan data, maka di gunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.Dengan penentuan informan berasal dari snowball sampling. Data yang terkumpulkemudian disusun dan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyusunandata dan mengambil kesimpulan.Setelah dianalisis disimpulkan bahwa Pendidikan menurut masyarakatNgelosari itu sama seperti pendapat bagi masyarakat pada umumnya. Merekaberpendapat bahwa pendidikan sangat penting sekali. Karena manusia tanpapendidikan tidak akan bisa maju. Sedangkan pendidikan menurut para Jama'ahThariqah Naqsyabandiyyah Di Dusun Ngelosari itu ada yang menganggappenting, tetapi juga ada yang tidak. Tetapi dari kebanyakan pendapat para Jama'ahThariqah kebanyakan mereka berpendapat bahwa pendidikan tidak terlalu penting.Yang terpenting adalah mendekatkan diri kepada Allah. Karena manusia hiduppasti akan mengalami kematian yaitu kembali kepada Allah. Faktor pendukungwawasan pendidikan pada Jama'ah Thariqah Naqsyabandiyyah terhadappendidikan anak-anaknya yaitu: dengan menjalankan agama yang tinggi makaorang tersebut mampu memaknai bahwa Perintah Allah itu terdiri dari 2 hal,yaitu :mandiri di dunia dan dengan beribadah untuk urusan akhirat. Antara urusan duniadan akhirat harus seimbang. Faktor penghambat wawasan pendidikan padaJama'ah Thariqah Naqsyabandiyyah terhadap pendidikan pada anak-anaknyayaitu kurangnya informasi pembanding dari Mursyid Thariqah sehingga paraJama' ah tidak mengetahui informasi keagamaan selain dari Mursyid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:22
Last Modified: 03 Feb 2020 03:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item View Item