NILAI-NILAI PENDIDIKANMORALDALAM KITAB RISALATULMU’AWANAHKARYA AL-HABIB ABDULLAH BINALWI BIN MUHAMMAD AL-HADDAD

WAHAB, FATKHUL (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKANMORALDALAM KITAB RISALATULMU’AWANAHKARYA AL-HABIB ABDULLAH BINALWI BIN MUHAMMAD AL-HADDAD. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM KITAB RISALATUL MU'AWANAH KARYA AL-HABIB ABDULLAH BIN ALWI BIN MUHAMMAD AL-HADDAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fatkhul Wahab. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Moral dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Karya Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad.Skripsi. JurusanPendidikan Agama Islam.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rovi’in, M.Ag. Kata kunci:Nilai-nilai Pendidikan Moral. Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad adalah seorang tokoh tasawuf yang terkenal. Salah satu kitabnya adalah Risalatul Mu’awanah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimanapendidikan moral menurut Al-Habib Abdullah Bin Alwi Bin Muhammad Al-Haddad dalam kitab Risalatul Mu’awanah. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1)Sejauh manakah Nilai Pendidikan Moral yang terkandung dalam kitab Risalatul Mu’awanah karya Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dibutuhkan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat,(2) Bagaimana aplikasi Nilai Pendidikan Moral dalam kitab Risalatul Mu’awanah dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research).Sumber data primer adalah kitab Risalatul Mu’awanah, sumber sekundernya adalah terjemahannya dan sumber tersiernya adalah kitab-kitabdan buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian.Adapun teknis analisis data menggunakan metode deduktif dan metode induktif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali nilai pendidikan moral yang terkandung dalam kitabRisalatul Mu’awanahkarya Al-Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad yaitu pendidikan moral terhadap diri sendiri yang meliputi (1) kebersihan, (2) berkata baik dan jujur, (3) amanah, (4) kesabaran. Serta pendidikan moral terhadap lingkungan yang meliputi pendidikan moral terhadap keluarga (1) pendidikan berbakti kepada orang tua, (2) pendidikan keadilan. Selain itu terdapat juga pendidkan di lingkungan masyarakat (1) silaturrahmi, (2) tolong-menolong, (3) rendah hati, (4) bersahabat. Aplikasi Nilai Pendidikan Moral dalam kitab Risalatul Mu’awanahadalah dengan melakukan pelatihan secara terus menerus, dan dibantu dengan dorongan batinyang kuat seperti berdoa dan berdzikir kemudian diwujudkan dalam realitas kehidupan sehari-hari. Seperti selalu merawat anggota tubuh, berbicara dengan sopan, menyampaikan amanah, bersikap sabar dalam segala hal, bersikap santu terhadap kedua orang tua, tidak bersumpah palsu, mengucap salam ketika berjumpa, menghilangkan gangguan di jalan, berpakaian tanpa sombong, menjaga kehormatan orang lain, dan perilaku-perilaku baik lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:53
Last Modified: 29 Mar 2016 07:53
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item