UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENEAPKAN STRATEGI MUSYKILAT AL-THULLAB DI KELAS V MI AL-HUDA NGENDROKILO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAY 2011/2012

ASLAMIYAH, ASLAMIYAH (2012) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENEAPKAN STRATEGI MUSYKILAT AL-THULLAB DI KELAS V MI AL-HUDA NGENDROKILO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAY 2011/2012. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ASLAMIYAH.pdf

Download (62MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom ActionReaserch ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruhpenggunaan metode Musykilat Al-Thul/ab dapat meningkatkan prestasi belajarsiswa. Hal ini dapat kita ketahui dari meningkatnya keaktifan siswa dalam prosesbelajar mengajar antara lain membuat pertanyaan, memberi tanda cek lis (9),mengikuti pembelajaran, dan mengerjakan tugas.Subjek Penelitian adalah siswa kelas V MI AI-Huda NgendrokiloKecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang yang berjumlah 27 siswa. Teknikpelaksanaan diawali dari pengumpulan data yang meliputi dokumentasi, tes(pretes dan post tes) dan pengamatan serta dianalisa secara deskriptif dankualitatif. Tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan dua siklus/tahap. Setiaptindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan retleksi yangdilaksanakan bersama seorang rekan kerja yang membantu pelaksanaanpenelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa dalambelajar Bahasa Arab meningkat 20,37% yaitu dari 65,74% pada siklus I menjadi86, 11 % pada siklus II atau 18 siswa pada siklus I menjadi 23 siswa pada siklus II.Berkaitan dengan prestasi belajar juga ada peningkatan, yaitu pada siklus I jumlahnilai 1510 dengan rata-rata 55,93 dan pada sikklus II jumlah nilai 1940 denganrata-rata 71,85. Hal ini berarti meningkat 15,92. Sedangkan berkaitan denganketuntasan belajar, pada siklus l ada l l siswa (40,74%) yang tuntas denganrentang nilai 70-80, dan pada siklus II 19 siswa (70,37%) yang tuntas denganrentang nilai 70-90. Artinya ada peningkatan 8 siswa (29,63%) yang tuntas. Padasiklus I yang belum tuntas ada 16 siswa (59,26%) dengan rantang nilai 30-60 danpada siklus 11 ada8siswa (29,63%) dengan rentang nilai 50-60. Artinya adapenurunan sekitar 8 anak (29,63%). Maka dengan demikian penerapan metodeMusykilat AL-Thullab dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab padasiswa kelas V MI AI-Huda Ngendrokilo Kecamatan Kaliangkrik KabupatenMagelang Tahun Pelajaran 20 I 1/2012.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:17
Last Modified: 04 Feb 2020 03:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item