HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA MI MA'ARIF GRABAG 1, KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2011

HASANAH, USWATUN (2012) HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA MI MA'ARIF GRABAG 1, KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
USWATUN HASANAH.pdf

Download (92MB)

Abstract

Berdasarkan pada analisis data yang penulis peroeh melalui penelitian hasilpengumpulan, pengolahan serta analisis data, maka berikut ini mencoba uatukmenyimpulkan penelitian yang berjudul "Hubungan Keaktifan Belajar Bidang StudiPendidikan Agama Islam Dengan Sikap Pada Siswa MI Ma'arif Grabag I GrabagKabupaten Magelang Tahun2011/2012.Tnjuan penelitian ini adalah (I) untuk mengatahui keaktiran belajar bidangstudi Pendidikan Agama Islam siswa disekolah MI Ma'arif Grabag I KecamatanGrabag Kabupaten Magelang tahun 2011. (2) untuk nengetahui sikap sosizl siswadisekolal MI Ma'arif Grabag I kecamatan Grabag Kabupaten Magelang 2011. (3)untuk mengetahui hubungan antara keaktifan belajnr bidang studi pendidikanAgama Islam dengan sikap sosial siswa di sekolah Mi Ma'arif Grabag I kecamatanGrabag kabupaten magelang tabun 201 , .Bahwa tingkat keaktifan 'elajar bidang studi pendidikan agama Islam padasiswa MI Ma'arif Grabag I adalan bervariasi, yang berada pada kategori aktif sekaliadalah berjumlah 53,467%, yang berada pada kategori kurang ada 6,533%. Tingkatkeaktifan belajar bidang studi pendidikan agama Islam pada siswa sebagian besarberada pada kategori aktif sekali (baik sekali). Dari hasil penelitian menghitungvariasi siKap sosial siswa di sekolah sangat bervariasi, yang berada pada kategoribaik sekali berjumlah 64, 32% dan yang berada pada kategori baik ada 26, 8%sedangkan yang berada pada kategori kurang sebanyak 8,88%. Sikap sosial siswa disekolah sebagian besar pada kategori baik sekali.Berdasarkan analisis hipotesa yang mengatakan "Ada hubungan yang positifantara keaktifan belajar bidang studi pendidikan agama Islam dengan sikap sosialsiswa di sekolal" yang berarti bahwa semakin tinggi keaktifan belajar bidang studipendidikan agama Islam semakin tinggi pula sikap sosial siswa.Hal ini terbukti darihasil penelitian dan analisis secara statistik yang menunjukkan hasil yang signifikanbaik pada signifikan 5% maupun 1%.Perdasarkan studi empiris tersebut di atas, maka hipotesa yang menyatakan"Ada hubungan yang postif antara keaktifan belajar bidang studi pendidikan agamaIslam dengan sikap sosial pacla siswa MI Ma'arif Grabag I Grabag KabupatenMagel mng Tahun2011/2012, dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:41
Last Modified: 04 Feb 2020 04:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6959

Actions (login required)

View Item View Item