KONSEP AL-QUR'AN TENTANG IBAD AL-RAHMAN DAN URGENSINY A TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM.(Telaah Surat al-Furqon Ayat 63-74).

MUNANDAR, ARIS (2011) KONSEP AL-QUR'AN TENTANG IBAD AL-RAHMAN DAN URGENSINY A TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM.(Telaah Surat al-Furqon Ayat 63-74). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ARIS MUNANDAR.pdf

Download (77MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya penggalian dan pengembangan dari konsepal-Qur'an yang bermakna bagi pendidikan Islam. Pertanyaan utama yang ingindijawab melalui penelitian ini adalah (1). Bagaimana konsep al-Qur'an tentang lbadal-Rahman dalam surat al-Furqon ayat 63-74. (2). Bagaimana konsep pendidikanIslam. (3). Apa urgensi konsep tersebut terhadap pendidikan Islam. Untuk menjawabpertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan riset kepustakaan(Library Research).Penelitian ini menguraikan tentang sifat dan sikap seorang hamba Allah SWTyang harus dijadikan pedoman dan teladan dalam menjalani kehidupan ini.Pemahaman dan pengetahuan tentang konsep ini merupakan kunci dalampengembangan pendidikan Islam. Karena dalam konsep ini disajikan berbagai contohperilaku, gambaran mulia seorang hamba dalam aspek kehidupan dalam hubunganvertical dan horizontal. Selama ini penulis belum pemah mendapati pembahasantentang konsep tersebut yang secara khusus menggali dan mengembangkan lebih luasserta membahas secara panjang lebar konsep tersebut beserta urgensinya terhadappendidikan Islam.Penulis menilai bahwa dalam konsep tersebut terdapat nilai-nilai agama,ibadah dan mu'amalah. Konsep tersebut merupakan suatu paket yang secara singkatdan padat yang tertuang dalam al-Qur'an yang wajib untuk ditelaah, dipahami,dimengerti, dan diamalkan. Berdasarkan konsep al-Qur'an tentang /had al-Rahman,maka konsep al-Quran tentang lbad al-Rahman yang merupakan telaah dari surat al­Furqon, mempunyai urgensi terhadap pendidikan Islam diantaranya adalah sebagaiketeladanan sikap dan sifat dalam mengarungi kehidupan sebagai hamba Allah dansebagai pembinaan serta pembentukan insan kamil (manusia sempuma). Dalampembinaan dan pembentukan insan kamil terdapat beberapa sub pokok yang dibahasyaitu pembinaan keimanan, katauhidan, akidah, pembinaan akhlak, pembinaanibadah, dan pembinaan pribadi sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:26
Last Modified: 05 Feb 2020 02:26
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6980

Actions (login required)

View Item View Item