KORELASI ANTARA KESADARAN PLURALISME AGAMA DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA MUSLIM SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2011/2012

FAKHRUDDIN, FUAD (2011) KORELASI ANTARA KESADARAN PLURALISME AGAMA DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA MUSLIM SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FUAD FAKHRUDIN.PDF

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pembuktian tentang pentingnya pemahamanseseorang terhadap kesadaran pluralisme agama guna menumbuhkan perilkusosial yang penuh keharmonisan dikalangan pelajar. Berangkat dari hal tersebut,maka pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1)bagaimana tingkat kesadaran pluralisme agama siswa Muslim SMPN 4 Salatigatahun ajaran 2011/2012?, (2) bagaimana perilaku sosial siswa Muslim SMPN 4Salatiga tahun ajaran 2011/2012?, dan (3) adakah hubungan yang signifikanantara tingkat kesadaran pluralisme agama dengan perilaku sosial siswa MuslimSMPN 4 Salatiga tahun ajaran 2011/2012?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut,penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metodepenelitian studi kasus korelasional.Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapat beberapa temuan:(1) tingkat kesadaran pluralisme agama siswa Muslim SMPN 4 Salatiga termasukdalam kategori tinggi sebanyak 55% berada pada kategori tersebut. 44%responden berada pada kategori sangat tinggi, 1 % berada pada kategori rendah,dan 0% responden berada pada kategori sangat rendah. Adapun nilai rata-rataadalah 50,66. (2) Intensitas perilaku sosial siswa Muslim SMPN 4 Salatiga tahunajaran 2011/2012 termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 56% responden beradadalam kategori tersebut, 41 % responden berada pada kategori sangat tinggi, 3%berda dalm kategori rendah, dan 0% responden berada dalam kategori sangatrendah. Adapun nilai rata-ratanya adalah 49,46. (3) Ada hubungan yang signifikanantara kesadaran pluralisme agama dengan perilaku sosial siswa Muslim SMPN 4Salatiga tahun ajaran 2011/2012, dibuktikan dengan perhitungan koefisienkontingensi (KK) yaitu sebesar 0,267 > Tabet product moment pada tarafsignifikansi 5% yaitu 0,195 dan taraf signifikansi 1 % yaitu 0,256.Dari penelitian ini dihasilkan rekomendasi bagi guru yakni dalam kegiatanbelajar mengajar agar menanamkan pemahaman pluralisme agama secara benardengan membiasakan pembelajaran berbasis plural tanpa adanya diskriminasistatus, baik status agama, sosial maupun ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:44
Last Modified: 05 Feb 2020 03:44
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6991

Actions (login required)

View Item View Item