PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK METODOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PAI SAA T PPPK DI STAIN SALATIGA TAHUN 2010/ 2011

UMARO, MALIHATUL (2011) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK METODOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PAI SAA T PPPK DI STAIN SALATIGA TAHUN 2010/ 2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MALIHATUL UMARO'.PDF

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di ajukan untuk mengetahui pengaruh Pelaksanaan PraktikMetodologi Pendidikan Agama Islam Terhadap Kemampuan Mengajar MahasiswaPAI saat PPPK. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1)Bagaimana pelaksanaan praktik Metodologi Pendidikan Agama Islam? (2) Bagaimanakemampuan mengajar mahasiswa PAI saat PPPK? (3) Apakah ada pengaruhpelaksanaan praktik metodologi pendidikan agama Islam terhadap kemampuanmengajar mahasiswa PAI saat PPPK?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut makapenelitianinimenggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitianyang di gunakan adalah penelitian studi kausalitas.Temuan penelitianinimenunjukkan bahwa ting lebih kecil dari pada t abetsehingga dapat di simpulkan bahwa tidak ada pengaruh pelaksanaan praktikmetodologi pendidikan agama Islam terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PAIsaatPPPK.Dengan nilai ring sebesar 0,306 dan selanjutnya dikonsultasikan denganraset dengan N= 77, pada taraf signifikasi 0,05 dengan nilai 0,227.Di harapkan dalam pelaksanaan praktikum pengembangan profesikependidikan tahun selanjutnya, mahasiswa hanya mendapatkan mata pelajaran yangsesuai dengan jurusanya saja yang di berikan kepada mahasiswa PPPK tetapi apabilatetap di berikan sebaiknya dari praktik metodologi pendidikan agama Islam di bekalidengan praktik mata pelajaran selain agama karena di lapangan ada sekolah yang tidakjelas tentang aturan dari lembaga yang membolehkan memberi mata pelajaran selain jurusan yaitu mata pelajaran yang masih bisa di pelajari atau tidak memnuntutkeahlian khusus.Kemudian Di harapkan dalam mengajarkan tentang pembuatan rencanapelaksanaan pembelajaran (RPP) antara dosen satu dengan yang lainya bisa sama.Dalam pembuatan yang berbeda-beda tersebut membuat kebingungan bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2020 06:57
Last Modified: 05 Feb 2020 06:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7009

Actions (login required)

View Item View Item