PENINGKATAN BASIL BELAJAR KOMPETENSI SEJARAH KEBUDA Y AAN ISLAM PADA SISW A KELAS IV MI MA' ARIF GADING TUNTANG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2010/2011

RATNASARI, NOVIAN (2011) PENINGKATAN BASIL BELAJAR KOMPETENSI SEJARAH KEBUDA Y AAN ISLAM PADA SISW A KELAS IV MI MA' ARIF GADING TUNTANG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NOVIAN RATNASARI.pdf

Download (53MB)

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam kelas IVMI Ma'arif Gatling Tuntang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam,khususnya kompetensi dasar Sejarah Kebudayaan Islam relative rendah. Hal initercermin dari nilai rata - rata yang diperolah peserta didik pada pretesdikategorikan kurang. Berdasarkan masalah tersebut maka penelitian tindakan inidilaksanakan dengan tujuan mengetahui efektifitas penggunaan media elektronikterhadap peningkatan basil belajar kompetensi Sejarah Kebudayaan Islam padapeserta didik kelas IV MI Ma'arif Gatling Tuntang semester I tahun pelajaran2010 I 2011. Jumlah siswa yang diteliti adalah 19 siswa.Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah adakah media elektronikdapat meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam pada peserta didikkelas IV MI Ma'arif Gading Tuntang. Metode yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (Classroom Action Reserch) dengan prosedur kegiatannyadiawali dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan dilaksanakandalam dua siklus penelitian.Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa prestasi siswameningkat dari siklus I sebesar 73.68 dan siklus II sebesar 78.15. Penulis dapatdiajukan saran-saran sebagai berikut: pertama, guru harus memilih danmenentukan kompetensi pelajaran yang dapat divisualisasikan menggunakanmedia elektronik agar diperolah hasil yang maksimal. Kedua, guru perlumenyediakan waktu cukup untuk menyiapkan media elektronik dan contohpenerapannya yang beragam, dan rancangan pengoprasian peserta didik dalamproses pembelajaran. Ketiga, media elektronik harus benar-benar berfungsisebagai alat bantu guru yang mempermudal- dalam mengajar, bukan menambahbeban atau merepotkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:31
Last Modified: 07 Feb 2020 07:31
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item