PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TAMIM, ABIDU RAKHMAN (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III DI MI MA’ARIF KUTOWINANGUN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
Skripsi lengkap.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tamim, AbiduRakhman. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Benda dan Sifatnya melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas III di MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. LilikSriyantiM.Si. Kata Kunci : prestasi belajar, metode eksperimen, benda dan sifatnya. Rendahnya kualitas pendidikan masih menjadi masalah utama bagi bangsa Indonesia. Sudah menjadi kewajiban bersama bagi setiap warga Negara Indonesia terutama guru untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, berbagai model dan metode pembelajaran aktif pun semakin banyak dan bervariasi. Salah satu pembelajaran aktif yang dapat diterapkan yaitu metode Eksperimen. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah metode Eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi Benda dan Sifatnya pada siswa kelas III di MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga? Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran (siklus). Setiap siklus dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas III MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 19 laki – laki dan 7 perempuan. Data yang diperoleh yaitu berupa prestasi belajar IPA yang didapat dari tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dan Kajian ini menunjukan bahwa : Metode Eksperimen merupakan pembelajaran dengan cara penyajian, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri hasil apa yang telah ia lakukan dari percobaan itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis didapatkan kesimpulan bahwa penerapan metode Eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang materi Benda dan Sifatnya di kelas III MI Ma’arif Kutowinangun Salatiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil terhadap prestasi belajar siswa yang mengalami peningkatan. Dari 12 siswa yang tidak tuntas pada saat pra siklus menjadi hanya 3 siswa saja yang tidak tuntas sampai pada siklus kedua. Dari rata – rata KKM siswa 60,38 (53,8%) menjadi 73,26 (73,07%) pada siklus I dan menjadi 80,1 (88,46%) pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:22
Last Modified: 30 Mar 2016 02:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/707

Actions (login required)

View Item View Item