PENINGKATAN KEMAMPUAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM MADUGONDO KAJORAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SRIMURYATI, SITI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN SHALAT MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM MADUGONDO KAJORAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI SRIMURYATI.PDF

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan siswadalam melaksanakan shalat dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswakelas I Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Madugondo. Pertanyaan utama yang ingindijawab melalui penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapatmeningkatkan prestasi siswa?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan prestasi siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. Untukmenjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitiantindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan shalat siswa. Adapun Iangkah­langkah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam 3 siklus.Penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa shalat siswakelas I Ml AI Islam Madugondo dengan menggunakan rnetode demonstrasimeningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari basil penelitian tindakan kelasyang dilakukan dalam tiga siklus, siklus satu siswa yang benar semua baikbacaannya maupun gerakan shalat barn 12 siswa, yang salah sebagian siswa 9siswa, salah semua 12 siswa, yang tuntas baru mencapai 63,63 %. Untuk sikluskedua siswa yang benar semua baik bacaannya maupun gerakannya 13 siswa,salah sebagian l 0 siswa, salah semua 10 siswa, yang tuntas baru mencapai69,69%.Jadi dari silus satu ke siklus dua meningkat 6.06%. untuk siklus tiga siswayang benar semua bacaan dan gerakan shalat 15 siswa, benar sebagian 11 siswa,salah semua 7 siswa, klasikalnya tuntas. Jadi dari siklus dua meningkat ke siklustiga meningkat 9.09%. jadi pembelajaran shalat dengan metode demonstrasiberhasil.Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang penulis Iakukan bagi siswakelas I MI Al Islam Madugondo, dan keluarga besar MI Al Islam Madugondomenyambut positif. Mengacu kepada kemampuan tersebut, maka metodedemonstrasi dapat diterapkan pada proses pembelajaran pada tingkat SekolahDasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2020 08:14
Last Modified: 07 Feb 2020 08:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7071

Actions (login required)

View Item View Item