PROBLEM DAN STRATEGI PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH CEKELAN KAUMAN KEMUSU BOYOLALI TAHUN 2013/2014

SUROJI, ACHMAD (2014) PROBLEM DAN STRATEGI PENANGGULANGAN KENAKALAN SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH CEKELAN KAUMAN KEMUSU BOYOLALI TAHUN 2013/2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ACHMAD SUROJI.pdf

Download (95MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang problem dan strategi penanggulangankenakalan siswa di MTs Muhammadiyah Cekelan di Desa Kauman KecamatanKemusu Kabupaten Boyolali. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian iniadalah apa saja bentuk kenakalan yang dilakukan siswa, faktor apa saja yangmenyebabkan kenakalan siswa, dan bagaimana strategi penanggulangankenakalan siswa di MTs Muhamadiyah Cekelan Desa Kauman KecamatanKemusu Kabupaten Boyolali. Rumusan tersebut bertujuan untuk mengetahuibentuk kenakalan, faktor apa saja penyebab terjadinya kenakalan, dan strategipenanggulangan kenakalan siswa di MTs Muhammadiyah Cekelan.Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting mengingat skripsi ini adalahkualitatif. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen langsung dan sebagaipengumpul data dari hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalampenelitian. Data yang berbentuk kata-kata diambil dari para informan atauresponden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data-data tersebutberupa keterangan dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen.Keseluruhan data tersebut selain diperoleh dari wawancara, juga didapatkan dariobservasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah datayang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dantahap akhir dari analisa data ini adalah mengadakan keabsahan data denganmenggunakan member check berdiskusi triangulasi.Hasil penelitian sebagai berikut: Hasil penelitian ini menunjukakan bahwakenakalan siswa di lingkungan sekolah masih sering dijumpai baik dalam katagoribentuk kenakalan ringan sampai yang berat. Penyebab terjadinya perilaku nakalsangat komplek, baik itu dari dalam diri siswa (intern) maupun dari luar diri siswa(ekstern). Penanggulangan terhadap perilaku nakal bisa ditekan dengan adanyaupaya tindakan preventif, refresif maupun kuratif. Adan ya koordinasi yang baikantara kepala sekolah dengan guru BK, guru agama dan lingkungan sekitar sertamayoritas responden menujukkan arah positif terhadap upaya penanggulanganyang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2020 01:38
Last Modified: 10 Feb 2020 01:38
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item