STRATEGI DAN HAMBATAN EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 13 WONOSEGORO TAHUN PELAJARAN 2014

ANDRIOZA, ANDRIOZA (2014) STRATEGI DAN HAMBATAN EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 13 WONOSEGORO TAHUN PELAJARAN 2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANDRIOZA.pdf

Download (95MB)

Abstract

Ketidakpuasan dan kejenuhan dengan sistem pembelajaran yangsemakin monoton dengan memakai metode ceramah. SMP Muhammadiyah13 Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Edutainment pada MapelPAI. Bagaimana proses yang diterapkannya. Apakah Anak didik senangdengan metode belajar yang menghibur akan tetapi jauh dari nilai-nilaipendidikan atau tujuan pendidikan. Bermula dari ini peneliti mengangkmasalah dengan Fokus penelitian yaitu Bagaimana Strategi PembelajaranEdutainment pada Mapel PAI di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro,Bagaimana Hambatan Strategi Pembelajaran Edutainment pada Mapel PAISMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro tahun 2014, Bagaimana mengatahambatan strategi pembelajaran edutainment pada matapelajaran pendidikanagama islaru di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro tahun 2014.Tuiuan penelitian yaitu untuk mengetahui Strategi dan hambatanedutainment pada Matapelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Wonosegoro Tahun 2014, Hambatan Strategi Pembelajaran Edutainment padaMatapelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro Tahun 2014Bagaimana mengatasi hambatan strategi pembelajaran edutainment padamatapelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah Wonosegoro tahun 2014. Metode penelitian yang dilakukan peneliti yaitumelalui pendekatan dengan cara mendeskripsikan fenomena-fenomena yangada di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro, kehadiran peneliti sebagaipengamat dan sebagai pengumpul data, dengan cara Wawancara, Obsevasi,Dokumentasi.Hasil penelitian strategi pembelajaran. disusun untuk mencapai tujuantertentu yang ditetapkan oleh guru. Suasana belajar yang menyenangkan dapatdirasakan oleh peserta didik dalam mencapai prestasi belajar, strategipembelajaran edutainment diharapkan dapat mencetak lulusan yang tidakhanya dalam nilai (angka) yang baik, namun memiliki kecerdasan kognitif,emosional, dan kecerdasan spiritual. Pendekatan edutainment melaluipermainan (game), humor, bermain peran (role play), dan demonstrasi dcara-cara lain yang dapat dikuasai oleh guru dan siswa. Hambatannya, sumbdaya manusia dalam Menjalankan Strategi Pembelajaran Edutainment, pesertdidik cenderung bermain hingga melupakan esensi pembelajaran, bahpembejaran, waktu pembelajaran yang Minim, sarana dan prasana yangterbatas, lingkungan belajar yang kurang mendukung dalam penerapan strategpembelajaran edutainment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2020 02:00
Last Modified: 10 Feb 2020 02:00
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7096

Actions (login required)

View Item View Item