HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH MA' ARIF GUNUNG WIJIL BAKULAN CEPOGO BOYOLALI TAHUN 2013

KURNIATI, ANISA (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH MA' ARIF GUNUNG WIJIL BAKULAN CEPOGO BOYOLALI TAHUN 2013. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANISA KURNIAWATI.pdf

Download (52MB)

Abstract

/Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui hubungan motivasibelajar siswa dengan ketaatan pada tata tertib sekolah Madrasah Aliyah Ma'arifCepogo Kabupaten Boyolali. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalampenelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar siswa di sekolah MadrasahAliyah Ma,arif Cepogo Boyolali ? (2) Bagaimana ketaatan siswa pada tata tertibsekolah Madrasah Aliyah Ma'arif Cepogo Boyolali ? (3) Adakah hubunganantara motivasi belajar siswa dengan ketaatan pada tata tertib sekolah MadrasahAliyah Ma'arif Cepogo Boyolali?Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengumpulandata yang berbentuk angket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasisebagai metode pendukung. Sebjek penelitian sebanyak 52 responden yangdiambil dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dariangket kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif dan rumusyang penulis gunakan adalah rumus product moment.Hasil penelitian ini adalah (l) motivasi belajar siswa di sekolah MadrasahAliyah Ma,arif Cepogo Boyolali tergolong tinggi dengan prosentase 48,07%(sebanyak 25 siswa), (2) ketaatan siswa pada tata tertib sekolah Madrasah AliyahMa'arif Cepogo Boyolali tergolong tinggi dengan prosentase 67,30~ (sebanyak35 siswa), (3) Ada hubungan yang sangat signifikan antara motivasi belajar siswadengan ketaatan pada tata tertib sekolah Madrasah Aliyah Ma'arif CepogoBoyolali. Analisis data yang sangat signifikan antara variabel x dengan variabel y,hal ini terbukti karena rxy lebih besar dari r tabel. Setelah di analisis menggunakanrumus product moment diperoleh nilai rxy sebesar 0,921 yang mana dengan N=52diperoleh r tabel pada taraf signifikansi 1 % sebesar 0,361 sehingga hipotesis dapatditerima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2020 02:08
Last Modified: 10 Feb 2020 02:08
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7097

Actions (login required)

View Item View Item