PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH

FATMAWATI, IRNIA (2016) PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIAFATMAWATIYES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fatmawati, Irnia. 2015. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1-Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : H. Abdul Aziz NP, M.M Kata Kunci : Fasilitas, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji atau menganalisis pengaruh dari fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di BMT Tumang Cabang Salatiga. Peneliti menguji beberapa variabel yang diduga mempengaruhi kepuasan nasabah di BMT Tumang Cabang Salatiga yaitu fasilitas dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang didapatkan di lapangan dengan teori yang ada. Sampel diperoleh sebanyak 100 responden nasabah BMT Tumang Cabang Salatiga dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Untuk memudahkan pemecahan masalah, penelitian ini dilakukan menggunakan model regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS statistics 20. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji ttest dan Ftest serta koefisien determinasi (R2) dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) mempengaruhi kepuasan nasabah. Dan secara individual variabel fasilitas dan kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signpifikan terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, karena pelayanan yang baik dapat menambah kepuasan nasabah dalam menabung di BMT Tumang Cabang Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:57
Last Modified: 30 Mar 2016 02:57
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item