ANALISIS ATAS PEMAHAMAN, PRODUK, DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SALATIGA (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Salatiga)

Oktaviani, Milatunnikmah Finisia Rahajeng (2016) ANALISIS ATAS PEMAHAMAN, PRODUK, DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SALATIGA (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Milatunnikmah F.R.O._21311025.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Oktaviani, Milatunnikmah Finisia Rahajeng. 2016. Analisis Pemahaman, Produk, dan Tingkat Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah Cabang Salatiga (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Salatiga). Skripsi, Jurusan S1-Perbankan Syariah, Falkutas Ekonomi dan Bisnis Islam Intitut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Anton Bawono, M.Si, Kata Kunci: Pemahaman, Pengetahuan, Produk, Tingkat Religiusitas, Keputusan Nasabah Bank syariah merupakan perbankan yang dalam sistem operasionalnya berdasarkan syariah. Sistem syariah yang digunakan yaitu kecenderungan untuk menggunakan dan menonjolkan nilai-nilai Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Salatiga. Besarnya jumlah mahasiswa IAIN Salatiga sangat patut untuk pertimbangan oleh pihak perbankan syariah sebagai salah satu segmen pasar yang pontesial untuk menghimpun dana masyarakat. Kesesuain nilai Islam yang dianut Bank Syariah membuat IAIN Salatiga untuk mempercayakan kegiatan ekonominya kepada Bank Syariah Mandiri cabang Salatiga, salah satunya pembukaan rekening bagi mahasiswanya seperti pembayaran SPP dan penerimaan beasiswa bagi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa IAIN Salatiga tentang bank Syariah, produk apa yang menjadi daya tarik mahasiswa, untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas mahasiswa terhadap keputusan menjadi nasabah BSM cab. Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang didapatkan di lapangan dengan teori yang ada. Objek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa IAIN Salatiga dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner, studi pustaka. Data diolah menggunakan uji reliabilitas, validitas, statistik dan asumsi klasik Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukan bahwa yang berpengaruh positif dan signifikan hanya variabel produk saja, karena produk-produk yang ditawarkan bank syariah sangat inovatif sehingga membuat mahasiswa tertarik untuk membuka rekening pada BSM cab. Salatiga. Sedangkan variabel pemahaman bank syariah dan tingkat religiusitas mahasiswa berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan mahasiswa IAIN Salatiga menjadi nasabah pada BSM cab. Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:24
Last Modified: 30 Mar 2016 07:24
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item