PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF K. H.ABDURRAHMAN WAHID

UMAH, NANDIROTUL (2014) PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF K. H.ABDURRAHMAN WAHID. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NANDIROTUL UMAH.pdf

Download (72MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pendidikan Islam diIndonesia serta melihat pendidikan Islam dengan persepektif Abdurrahman wahid.Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanapendidikan Islam di Indonesia? 2) bagaimana pendidikan Islam perspektifAbdurrahman Wahid?Analisis ini menggunakan metode analisa isi. Yaitu menghimpun danmenganalisa dokumen-dokumen resmi, buku-buku, kemudian diklarifikasi sesuaidengan masalah yang dibahas dan dianalisa isinya. Karya-karya Gus Dur baikberupa buku, koran, majalah dan sebagainya dikumpulkan kemudian diadakananalisis yang terkait dengan pembahasan tersebut.Setelah semua data terkumpul, kemudian mendelegasikan pemikiran GusDur kepada pendidikan Islam. Berdasarkan basil analisis dapat dirumuskan bahwapendidikan Islam di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan, sejalan denganhal tersebut pendidikan Islam menurut Gus Dur hams dapat mencakup segalaaspek geografis, sosiologis dan budaya Indonesia. Pemikiran beliau sepertidemokrasi, pluralisme dan pribumisasi Islam dapat dilakukan dan dijalankan gunauntuk memajukan pendidikan Islam di Indonesia dalam jangka panjang.Demokratisasi pendidikan melihat pendidikan Islam hams mampu menampungsegala bentuk ideologi pendidikan namun tetap memilih dan memilah yang sesuaidengan budaya dan karakter bangsa dan melihat segala bentuk perbedaan baikbudaya, pendapat, kompetensi siswa dalam satu bangunan kesempumaan sertamenghapus generalisir dengan pluralisme dan menjadikan nilai-nilai Islamsebagai pedoman dalam bertindak, mengamalkan nilai-nilai Islam dimulai daridiri sendiri, keluarga, masyarakat dan sebagainya.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Gus Dur merupakan tokohnegarawan yang pluralis dan pemikir progresif serta dinamis. Sebagai agamawan,ia konsisten dalam pemikiran keislaman. Dalam khazanah keilmuan pendidikan iatergolong pemikir pembaharu. Demokrasi, pluralisme dan pribumisasi Islammerupakan buah pemikiran beliau. Setelah dikaji secara mendalam pemikiran­pemikiran tersebut diharapkan bisa diterapkan di dunia pendidikan Islam diIndonesia untuk kemajuan pendidikan Islam di Indonesia. Baik dalam kontekspendidikan Iokal (pembelajaran di kelas) maupun sekala nasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2020 01:31
Last Modified: 11 Feb 2020 01:31
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7163

Actions (login required)

View Item View Item