STUDI KOMPARASI SIKAP BELAJAR DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI SD BERNUANSA ISLAM DENGAN SD UMUM DI SMP NEGERI 06 SALATIGA TAHUN AJARAN 2013/2014 Diajukan untuk. Memperoleh Gelar

KHISAMUDDIN, SHODRI SA'ID (2014) STUDI KOMPARASI SIKAP BELAJAR DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI SD BERNUANSA ISLAM DENGAN SD UMUM DI SMP NEGERI 06 SALATIGA TAHUN AJARAN 2013/2014 Diajukan untuk. Memperoleh Gelar. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SHODRI SAID KHISAMUDDIN.pdf

Download (84MB)

Abstract

Disini peneliti ingin mengetahui tentang ada atau tidaknya perbedaan antara sikap belajar siswa yang berasal dari SD Bernuansa Islam dan siswa yangberasal dari SD Umum dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMPNegeri 06 Salatiga. Dalam keseluruhan proses belajar mengajar terjadilahinteraksi antara berbagai komponen, sehingga masing-masing komponensaling pengaruh mempcngaruhi. Guru memberikan rangsangan kepadasiswa untuk belajar dan siswa merespon dengan sikap, sehingga terjaditimbal balik antar komponen. Untuk membuktikan perbedaan sikap belajarsiswa, penulis merumuskan masalah sebagai berikut; 1. Bagaimana sikapbelajar siswa SD Bemuansa Islam dalam pelaksanaan pendidikan agamaislam. 2. Bagaimana sikap belajar siswa SD Umum dalam pelaksanaanpendidikan agama islam. 3. Adakah perbedaan antara sikap belajar siswayang berasal dari SD bemuansa Islam dan SD Umum dalam pelaksanaanpendidikan agama Islam di SMP Negeri 06 Salatiga.Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlahpopulasi 664 dengan jumlah sampel yaitu I 00 responden, 50 siswa yang berasaldari SD bernuansa islam dan 50 siswa berasal dari SD Umum. Teknikpengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data deskriptif,prosentase dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 ). Sikap belajar siswa SD bemuansaIslam dengan prosentase tinggi 60%, sedang 36% dan rendah 4%. 2). Sikapbelajar siswa SD Umum dengan prosentse tinggi 60%, sedang 40% dan rendah0%. Kedua kelompok SD bemuansa islam dan SD umum, ada perbedaan tetapitidak signifikan. Dengan taraf signifikansi I%= 2.63. Apabila to ~ ttabel, maka Hoditolak, oleh karena to < ttabel, (05,51 <2,63) maka Ho tidak ditolak (di terima). Dengandemikian berarti kedua kelompok tersebut berbeda, tetapi tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:22
Last Modified: 11 Feb 2020 03:22
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7175

Actions (login required)

View Item View Item