PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Assalihiyah, Thungphla, Khokpho, Pattani, Thailand Selatan Tahun 2015)

Sholikhah, Titik Isniatus (2016) PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Assalihiyah, Thungphla, Khokpho, Pattani, Thailand Selatan Tahun 2015). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sholikhah, Titik Isniatus. 2015. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Assalihiyah, Thungphla, Khokpho, Pattani, Thailand Selatan Tahun 2015). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan. Kerusakan lingkungan hidup yang terjadi adalah tak lain karena ulah tangan manusia itu sendiri yaitu kurangnya rasa peduli lingkungan yang dimiliki. Oleh karenanya, nilai-nilai budaya peduli lingkungan ini akan lebih baik jika ditanamkan sejak dini pada peserta didik. Sehingga sikap peduli lingkungan tersebut akan mengkarakter dalam jiwanya untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari pada kondisi apapun dan di manapun ia berada. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter peduli lingkungan secara islami, bagaimana pendidikan karakter peduli lingkungan serta faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam penanaman karakter peduli lingkungan melalui pendidikan kepada siswa di Sekolah Menengah Assalihiyah Thungphla, Khokpho, Pattani, Thailand Selatan. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru, siswa, dan petugas kebersihan, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan lingkungan, buku kurikulum, profil sekolah, dan sertifikat penghargaan bagi sekolah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pendidikan karakter peduli lingkungan secara islami adalah program pendidikan yang dirancang untuk membina keterampilan siswa dalam memahami hubungan antar manusia dan lingkungan fisiknya, mengembangkan sikap siswa untuk senantiasa melestarikan lingkungan menuju peningkatan kualitas hidup dengan menggunakan cara yang islami sesuai dengan ajaran Islam. Kedua, pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di Sekolah Menengah Assalihiyah dititikberatkan pada masalah menjaga kebersihan lingkungan yang berdasarkan hadits Rasulullah Saw. yaitu kebersihan merupakan bagian dari iman. Penanaman karakter peduli lingkungan ini termasuk realisasi program Green Environment seperti yang berlaku di negara Indonesia. Pendidikan karakter peduli lingkungan diberikan dengan berbagai model salah satunya keteladanan. Ketiga, faktor penunjang pendidikan karakter peduli lingkungan di sini adalah kebiasaan siswa di rumah yang rajin dan peran serta guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sifat malas siswa dan kondisi luar masyarakat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:10
Last Modified: 07 Apr 2016 04:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item