PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI UANG MELALUI METODE JIGSAW LEARNING BAGI SISWA KELAS 3 MI ISLAMIYAH KARANGDAWA KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ghoni, Abdul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI UANG MELALUI METODE JIGSAW LEARNING BAGI SISWA KELAS 3 MI ISLAMIYAH KARANGDAWA KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Abdul Ghoni_11510064.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Hasil belajar yang baik merupakan sesuatu yang diharapkan. Siswa di MI Islamiyah Karangdawa merasa bosan dalam mengikuti pelajaran karena guru dalam menyampaikan materi selalu dengan menggunakan m etode ceramah, sehingga barakibat terhadap rendahnya hasil belajar IPS materi uang bagi siswa kelas 3 MI Islamiyah Karangdawa, untuk itu guru harus segera memperbaiki proses pembelajarannya menggunakan metode jigsaw learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan Metode Jigsaw Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan materi uang bagi siswa kelas 3 MI Islamiyah Karangdawa Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014? Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas dengan sebanyak dua putaran (Siklus). Setiap putaran dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Islamiyah Karangdawa Tahun Pelaja ran 2013/2014 dengan jumlah sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki -laki dan 9 siswa perempuan. data yang diperoleh berupa hasil belajar IPS yang didapat dari test dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi test, observasi dan dokumentasi. berdasarkan hasil temuan dan analisis didapatkan kesmpulan bahwa metode jigsaw learning dapat meningkatkan hasl belajar IPS materi uang bagi siswa kelas 3 MI Islamiyah Karangdawa Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014. Peningkatan hasil belajar tersebut dikatakan meningkat setelah hasil belajar siswa mencapai standar minimal KKM yaitu 85% kelulusan siswa. Pada Siklus I rata-rata sebesar 70 ata 60% setelah dilakukan perbaikan pada Siklus II rata-ratanya mengalami peningkatan menjadi 82 atau 92 % berarti terbukti terjadi peningkatan sebesar 32 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 06:37
Last Modified: 09 Feb 2016 06:37
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item