TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN BARANG GADAI SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Wanprestasi Di Desa Kendal Jetak Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang)

Kartika, Indri. (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN BARANG GADAI SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Wanprestasi Di Desa Kendal Jetak Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kartika, Indri. 2015. Zakat dan Implikasinya terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Amil Ainul Yaqin dan KBZ di Dusun Bringin). Penelitian. Fakutas Syariah. Jurusan S1 Hukum Ekonomi Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Zumrotun, M.Ag. Kata Kunci : Zakat, Pemberdayaan, Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan zakat di Dusun Bringin yang dilaksanakan oleh Amil Ainul Yaqin dan KBZ, yaitu mengenai bagaimana upaya sosialisasi dan pentasharufan zakat, bagaimana tingkat pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta bagaimana persepsi umat Muslim Bringin terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan di amil Ainul Yaqin dan KBZ dengan mengambil lokasi di Dusun Bringin Desa Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Sumber data yang penulis gunakan adalah data primer, yaitu data diperoleh langsung dari pihak amil Ainul Yaqin dan KBZ Bringin, dan sumber data sekunder, yaitu data ini diambil dari hasil penelitian kepustakaan yakni dengan mempergunakan dan mengumpulkan buku-buku atau kitab-kitab bacaan yang ada hubungannya atau ada relevansinya dengan pembahasan penelitian ini, serta mempergunakan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini, misalnya dengan melalui penelitian lapangan yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang menjadi sampel penelitian. Temuan yang diperoleh dari penulisan ini diantara lain: Pertama, amil Ainul Yaqin sebagai penanggung jawab pengelolaan dana zakat di dusun Bringin telah melakukan upaya dalam mensosialisasikan pembayaran zakat kepada masyarakat dengan maksimal. Upaya ini menciptakan kondisi yang kondusif serta dapat menarik partisipasi masyarakat untuk menunaikan ibadah zakat yang dilakukan secara teratur dan terus-menerus. Hal tersebut didasari dari peningkatan dalam perolehan dana zakat tiap tahunnya. Kedua, tingkat pemberdayaan ekonomi mustahiq di dusun Bringin cukup berkembang. Didasari dari jumlah muzakki yang mengeluarkan zakat selalu bertambah, serta dana zakat yang didistribusikan kepada mustahiq di Dusun Bringin juga menjadi lebih banyak pada tiap tahunnya, namun masih terdapat faktor-faktor yang menjadi kendala dan kekurangan, sehingga pemberdayaan ekonomi masyarakat belum dapat berkembang pesat. Seperti, ketergantungan mustahiq terhadap dana zakat, kelalaian yang disengaja oleh pedagang penerima bantuan modal usaha KBZ, dengan menyalahgunakan penggunaan dana sehingga dana zakat habis sia-sia. Ketiga, masyarakat Bringin terutama para muzakki dan mustahiq menyatakan, bahwa pengelolaan zakat oleh amil memberikan hasil yang positif. Amil Ainul Yaqin melaksanakan penerimaan dan pentasharufan zakat dengan profesional, transparan, dan amanah. Dan juga berbagai upaya yang dilakukan amil Ainul Yaqin dalam mensosialisasikan pembayaran zakat, dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai pentingnya zakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2016 05:48
Last Modified: 07 Apr 2016 05:48
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item