Analisis Pengaruh Pengetahuan Nasabah Tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Bertransaksi Pembiayaan Murabahah di BTPN Syariah KCP Salatiga

Dhakhirah, DhakhirahFadhilatu (2016) Analisis Pengaruh Pengetahuan Nasabah Tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Bertransaksi Pembiayaan Murabahah di BTPN Syariah KCP Salatiga. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
FADHILATU DHAKHIRAH-PS S1-21311032.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dhakhirah, Fadhilatu 2016. Analisis Pengaruh Pengetahuan Nasabah Tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Bertransaksi Pembiayaan Murabahah di BTPN Syariah KCP Salatiga. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jurusan Perbankan Syariah S1. Institut Agama Islam NegeriSalatiga.Pembimbing: Mochlasin, M. Ag. Kata Kunci:PengetahuanKonsumen/ Nasabah, MinatNasabah, Murabahah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan tentang perbankan berpengaruh untuk meningkatkan minat nasabah dalam bertransaksi pembiayaan murabahah, serta faktor pengetahuan mana yang paling berpengaruh di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah KCP Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metodepengumpulan data dilakukanmelaluikuesioner yang disebarkankepadanasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah KCP Salatiga.Sampel yang diambilsebanyak 95 respondendengantekniknon probability samplingdengancarapurposivesampling.Analisis data dalam penelitian inimeliputiujireliabilitas, ujivaliditas, ujiregresiberganda, ujistatistik melaluiuji t Test, F Test, sertakoefisiendeterminan (Adjusted R2) danuji asumsiklasik. Analisis data dibantu dengan menggunakan SPSS versi 18. Hasil uji statistik Ttest (uji parsial) menunjukkan nilai signifikansi variabel pengetahuan terhadap minat (X1) sebesar 0,012, pengetahuan layanan pembelian (X2) sebesar 0, 000, dan pengetahuan pemanfaatan menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,528. Dari data tersebut layanan pembelian menjadi faktor yang paling signifikan karena mempunyai nilai koefisien terbesar, sedangkan untuk pemanfaatan tidak mempunyai pengaruh karena nilainya lebih besar dari 0,05. Hasil uji Adjusted R2 sebesar 0,63,4% yang berarti bahwa 63,4% variabel Y dipengaruhi oleh variabel X, sedangkan 36,6% variabel dipengaruhi oleh variabel lain diluar model persamaan penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2016 06:45
Last Modified: 07 Apr 2016 06:45
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item