PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN TEGALREJO 02 KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013

January, Dennis Ossy (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN TEGALREJO 02 KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Dennis Ossy January_11509009.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode sosiodrama pada mata pelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kelas V di SDN Tegalrejo 02. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah apakah metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN Tegalrejo 02 kecamatan Tengaran kabupaten Semarang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan pada tiap siklus terdiri atas empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan, dengan menggunakan metode sosiodrama dalam pelajaran Bahasa Indonesia mampu meningkatkan penggunaan p ilihan kata, intonasi, pelafalan, ekspresi, dan kelancaran dalam keterampilan berbicara siswa. Hasil keterampilan berbicara yang diperoleh sebelum menggunakan metode sosiodrama hanya 5 siswa yang tuntas atau 35,71%, dan setelah menggunakan metode sosiodrama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I meningkat 21,43% atau 8 siswa dari kondisi awal, dan pada siklus II meningkat 28,57% atau 12 siswa. Pada pilihan kata dalam keterampilan berbicara pada siklus II meningkat 28,57% dari siklus I. Pada into nasi dalam keterampilan berbicara di siklus II meningkat 21,43% dari siklus I. Pada pelafalan dalam keterampilan berbicara, di siklus II stabil dengan siklus I. Pada ekspresi dalam keterampilan berbicara, di siklus I meningkat 14,29% dari kondisi awal, dan pada siklus II stabil dengan siklus I. Pada kelancaran dalam keterampilan berbicara, pada siklus I meningkat 14,29% dari kondisi awal, dan pada siklus II meningkat 7,14% dari siklus I. Penulis menyimpulkan bahwa metode sosiodrama dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena dapat meningkatkan pengunaan pilihan kata, intonasi, pelafalan, ekspresi, dan kelancaran dalam keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 06:52
Last Modified: 09 Feb 2016 06:52
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item