Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Pada Kelas V Sd Islam Plus KURMASalatiga Tahun Pelajaran 2015 – 2016

A’izul Azmi, Ahmad (2016) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Pada Kelas V Sd Islam Plus KURMASalatiga Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Ahmad A'izul Azmi 11511013.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK A’izul Azmi, Ahmad. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Pada Kelas V Sd Islam Plus KURMASalatiga Tahun Pelajaran 2015 – 2016 . Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Imam Masarum, M.Ag. Kata kunci: Hasil BelajarBahasa Indonesia, Puisi, Metode Resitasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di memiliki hasil belajar yang rendah, dimana hal ini tidak terlepas dari sistem pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Hal ini berkaitan dengan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas V SD Islam Plus Kurma Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi kelas V Tahun Pelajaran 2015/2016. Melalui metode resitasi. Adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dapat dilihat kondisi awal dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra-siklus sebesar 54,2 atau 14,3% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 79,2 atau 71,4% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 88,5 atau 100% siswa tuntas. Pada aspek afektif, sebagian besar siswa (85%) kelas V telah mempunyai nilai afektif dengan predikat baik sekali. Pada aspek psikomotorik, sebagian besar siswa atau 65% kelas V telah mempunyai nilai psikomotorik dengan predikat baik. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas V SD Islam Plus Kurmas Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:22
Last Modified: 11 Apr 2016 02:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item