IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) SISWA KELAS IV DI MI SRANTEN KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mukarromah, Lailatul (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) SISWA KELAS IV DI MI SRANTEN KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Lailatul Mukarromah_11509007.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kemampuan dalam mapel SKI siswa kelas IV MI Sranten. Salah satu penyebab rendahnya minat dan kemampuan menguasai materi adalah kurangnya variasi pembelajaran yang digunakan guru. Selama ini metode yang digunakan adalah metode ceramah. Masalah utama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah metode TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa dalam pembelajaran SKI di Kelas IV MI Sranten Karanggede Boyolali tahun pelajaran 2013/2014? Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Sranten Kec. Karanggede, Kab. Boyolali yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada semester ganjil pada tahun 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode TPS (Think Pair Share). PTK terdiri beberapa siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan diperoleh bahwa: dengan Model Pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV MI Sranten, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali. Terbukti pada Siklus I, hasil pre test siswa dengan nilai rata-rata 51,8 meningkat ke post test 72,5. Siklus II, hasil pre test siswa dengan nilai rata-rata 46,25 meningkat ke post test 79,3, dan Siklus III, hasil pre test siswa dengan nilai rata-rata 61,50 meningkat ke post test 81,50.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 07:00
Last Modified: 09 Feb 2016 07:00
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item