Implementasi Nilai-Nilai Budaya Bangsa dalamPembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas IslamSudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2011/2012

Mufidah, Dewi (2012) Implementasi Nilai-Nilai Budaya Bangsa dalamPembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas IslamSudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2011/2012. Other thesis, STAIN.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
DEWI MUFIDAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah persoalan budaya dankarakter bangsa yang kini menjadi sorotan tajam masyarakat. Sebagai alternatifyang bersifat preventif, pendidikan diharapkan dapat mengembangkan kualitasgenerasi muda bangsa dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil danmengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa yangsemak:in memudar. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercanturndalam undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentangsisdiknas, merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harusdikembangkan oleh setiap sekolah dengan mengembangkan pendidikan budayadan karakter bangsa. Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusiayang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak serta aktifmembangun peradaban dan keharrnonisan kehidupan, khususnya dalammemajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Penelitian ini bertujuan antaralain: (1) Untuk mengetahui konsep pendidikan budaya dan karakter bangsa. (2)Untuk mengetahui implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa dalampembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas IslamSudirman Ambarawa tahun pelajaran 20 I 1/2012.Pengkajian penelitian ini dilakukan secara kualitatif terhadap informandari pihak Sekolah Menengah Atas Islam Sudirman Ambarawa. Dalam penelitianini penulis menggunakan pendekatan deskriptifkualitatifyaitu prosedur penelitianyang menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau orang­orang dari pelaku yang dapat diamati dengan tujuan untuk menggambarkankeadaan atau status fenomena dari data-data yang diperoleh dari obyek penelitian,yang kemudian dilakukan analisis dengan cara:a. Mendiskripsikan data dari informanb. Memilah-milah sesuai dengan analisis penelitian kemudian dianalisis olehpenulisc. Disimpulkan untuk menjawab tujuan penelitianHasil penelitian ini adalah (I) Konsep Pendidikan budaya dan karakterbangsa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada ( dalam buku panduanpengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa, badan penelitian danpengembangan pusat kurikulum) dan dimasukkan ke dalam revisi dokumen KTSPSekolah Menengah Atas Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2011/2012.Semua pihak Sekolah mendukung adanya pendidikan budaya dan karakter bangsa.Langkah perencanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa di Sekolah iniadalah dengan adanya penyusunan silabus dan RPP berkarakter pendidikanbudaya dan karakter bangsa. (2) Implementasi pendidikan budaya dan karakterbangsa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah AtasIslam Sudirman Ambarawa dengan mengembangkan nilai-nilai pendidikanbudaya dan karakter bangsa yang diimplementasikan melalui kegiatanpembelajaran di kelas dan praktek dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilaipendidikan budaya dan karakter bangsa terintegrasi dalam kegiatan pembiasaansiswa. Dalam mengimplementasikan pendidikan budaya dan karakter bangsaterdapat kesulitan yang dialami guru dan peserta didik maka pihak sekolahmemberikan peraturan kedisiplinan berupa sanksi mendidik yang harus ditaatipeserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:45
Last Modified: 27 Feb 2020 03:45
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7602

Actions (login required)

View Item View Item