PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ANISA, ISNA (2018) PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ISNA ANISA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat, sehingga setiap perusahaan harus semakin kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan memberikan pelayanan dan fasilitas yang semakin baik. Hal tersebut dilakukan perusahaan agar dapat mempertahankan eksistensi perusahaan ditengah-tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Dimana pihak perusahaan dituntut untuk mempertahankan dan meningkatkan merek yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas nasabah serta pengaruh ekuitas merek yang dimediasi oleh kepuasan terhadap loyalitas nasabah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank BTN Syariah Kantor Cabang Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik sampling purposive. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 22. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji statistik melaui uji Ttest dan koefisien determinan (R2), uji asumsi klasik dan uji analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel loyalitas merek dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Variabel kesadaran merek, asosiasi merek dan persepsi kualitas tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Variabel loyalitas merek dan persepsi kualitas berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Variabel kesadaran merek dan asosiasi merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Variabel kepuasan tidak dapat memediasi pengaruh kesadaran merek dan asosiasi merek terhadap loyalitas nasabah. Variabel kepuasan dapat memediasi pengaruh loyalitas merek dan persepsi kualitas terhadap loyalitas nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:10
Last Modified: 27 Feb 2020 07:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item