Pengaruh Suasana Kondusif dalam Pembelajaran terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Negeri Wonosegoro Tahun 2014

NUGRAHANTI, MAHARANI DYAH (2014) Pengaruh Suasana Kondusif dalam Pembelajaran terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Negeri Wonosegoro Tahun 2014. Other thesis, STAIN.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
MAHARANI DYAH NUGRAHANTI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Belajar merupakan kegiatan yang membutuhkan lingkungan dan suasanakhusus. Siswa akan dapat belajar dengan baik apabila dalam suasana kondusif,suasana kondusif adalah suasana yang nyaman dan menyenangkan, nyaman dalamha! ini jauh dari gangguan suara yang merusak konsentrasi. Seperti yang terjadi diMTs Negeri Wonosegoro, karena letak sekolah yang terlarn dekat dengan jalanraya, sehingga suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif, dikarenakan suarabising dari kendaraan kerap menganggu konsentrasi belajar siswa ketika prosespembelajaran berlangsug. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui:l)Bagaimana suasana kondusif dalam pembelajaran di MTs Negeri Wonosegorotahun 2014? 2)Bagaimana konsentrasi belajar siswa di MTs negri Wonosegorotahun 2014? 3)Adakah pengaruh suasana kondusif dalam pembelajaran terhadapkonsentrasi belajar siswa di MTs Negeri Wonosegoro tahun 2014?.Jenis penelitian ini adalah studi korelasi. Data penelitian ini diperoleh darihasil angket siswa dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperolehdani 25% dari populasi yang berjumlah 157 siswa yaitu 39 resonden terdiri darisiswa kelas IX(A) 6 siswa, kelas IX(B) 6 siswa, kelas IX(C) 7 siswa, kelas IX(D)6 siswa, kelas IX(E) 7 siswa, dan kelas IX(F) 7 siswa.Hasil penelitian ini suasana kondusif di MTs Negeri Wonosegoro tahun 2014menunjukkan bahwa mayoritas responden dalam kategori cukup, dengan nilaiantara 24-26 mencapai prosentase (54%) terdapat 21 siswa, sedangkan konsentrasibelajar siswa di MTs Negeri Wonosegoro tahun 2014 mayoritas responden jugadalam kategori cukup dengan nilai antara 24-26 mencapai prosentase ·(41%)terdapat 16 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis denganproduck moment diperoleh hasil nxy= 0,353, untuk jumlah 39 responden tarafsignifikan 5% adalah 0,316. rirng 'abet yang menunjukan ada pengaruh yangsignifikan antara suasna kondusif dalam pembelajaran terhadap konsentrasibelajar siswa di MTs Negeri Wonosegoro tahun 2014. Berdasarkan dari hasilpenelitian, guru disarankan agar memperbaiki kemampuan pengelolaan kelas yangdimiliki, agar tujuan dan efektivitas berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:02
Last Modified: 27 Feb 2020 08:02
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item