Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SMP N 4 Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

WIDIASTUTI, RENI (2014) Implementasi Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SMP N 4 Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Other thesis, STAIN.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
RENI WIDIASTUTI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran PAI merupakan pembelajaran agama Islam yang terdapat disekolah umum. Kewajiban pihak sekolah untuk memberi pelajaran agama kepadasiswa sesuai dengan keyakinan yang dimiliki. Baik yang dianut anak normalmaupun anak berkebutuhan khusus. ABK berhak mendapatkan layananpendidikan sebagaimana yang didapatkan oleh anak normal, salah satu solusinyayaitu pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi menempatkan anak berkebutuhankhusus untuk belajar bersama di sekolah regular bersama dengan anak-anaknormal lain agar ABK dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui I) Bagairnana lmplementasiPendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SekolahInklusi SMP N 4 Mojosongo Boyolafi 2) Apa Saja Faktor Pendukung dalamImplementasi Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)di Sekolah Inklusi SMP N 4 Mojosongo Boyolali 3) Apa Saja Faktor Penghambatdan Solusi dalam lmplementasi Pendidikan Agama Islam bagi AnakBerkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SMP N 4 Mojosongo Boyolali.Metode yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitiandilakukan mulai bulan Mei 2014 di SMP N 4 Mojosongo. Teknik pengumpulandata dengan wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, guru pembim bingkhusus, dan siswa ABK. Data dikumpulkan berdasarkan catatan lapangan,observasi, dan dokumentasi kemudian data ditranskip menjadi data yang lengkap.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; Pelaksanaan pembelajaranPendidikan Agama Islam diawali denganlangkah-langkah penyusunanperencanaan pembelajaran PAI di sekolah inklusi adalah melalui identifikasi,assesment atau pengukuran, penyusunan program yang disesuaikan dengankebutuhan peserta didik yang bersangkutan. Pelaksanaan pembelajaran PAI bagiABK di beri pelayanan individu yaitu ABK sering didekati dan di beri pertanyaanagar tidak tertinggal dengan siswa normal lainnya dan untuk mengoptimalkannyadengan diberi jam tambahan sepulang sekolah. Evaluasi pembelajaran PAIdilakukan bersama dengan anak normal yang lain dengan waktu dan soal yangsama. Faktor pendukung yaitu dukungan orang tua siswa, komite sekolah, danpemerintah Kabupaten Boyolali. Faktor penghambat dan solusi dalampelaksanaan pembelajaran PAI yaitu kesadaran tentang pentingnya pendidikanbagi ABK yang relatif kurang. Solusi: sekolah mensosialisasikan pentingnyapendidikan bagi ABK, mengadakan pelatihan ketrampilan dan pengembanganbakat minat ABK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:14
Last Modified: 27 Feb 2020 08:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7671

Actions (login required)

View Item View Item