ANALISIS PENGARUH RESIKO, KEPERCAYAAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN E-BANKING(Studi Kasus pada Nasabah BTN Syariah KC Semarang)

Ernawatik, Rizky (2018) ANALISIS PENGARUH RESIKO, KEPERCAYAAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN E-BANKING(Studi Kasus pada Nasabah BTN Syariah KC Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIZKY ERNAWATIK 21314139.pdf

Download (2MB)

Abstract

Electronic Banking atau juga dikenal dengan sebutan Internet Banking adalah layanan yang diberikan oleh bank dengan tujuan utama memberikan manfaat kemudahan dalam bertransaksi kepada nasabah. Manfaat yang diberikan layanan e-banking tentu saja tidak lepas dari kepercayaan yang diberikan nasbah dan e-banking juga memiliki beberapa resiko salah satunya yaitu kejahatan cyber.Dalam penelitian ini ingin mengetahui apakah pengaruh resiko, kepercayan dan manfaat terhadap minat menggunakan e-banking. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nasabah BTN Syariah Kantor Cabang Semarang dengan jumlah populasi sebanyak 712 nasabah. Dan sampel yang digunakan yaitu dengan jumlah sampel sebanyak 128 nasabah. Tehnik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yaitu didasarkan pada nasabah yang benar benar mengerti e-banking diatara anggota populasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda dengan uji statistik terlebih dahulu. Uji statistik terdiri dari uji ttest, Ftest, koefisien determinasi (R2). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 22.Adapun hasil penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi Y =18.935 +0.069X1+0.299X2+0.228X3. Hasil uji ttest menunjukan hasil bahwa resiko berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat nasabah menggunakan e-banking, sedangkan kepercayaan dan manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah menggunakan e-banking pada BTN Syariah Kantor Cabng Semarang. Uji ftest menunjukan hasil nilai F hitung sebesar 56.516 berada pada signifikansi atau probabilitas sebesar 0,000. Dapat dikatakan bahwa resiko, kepercayaan dan manfaat secara bersama-sama berpengaruh terhadap minatnasabah menggunakan layanan e-banking. Kemudian dari koefisien Determinasi (R2) hasil sebesar 0,567, yang berarti seluruh variabel bebas yakni Resiko (X1), Kepercayaan (X2) dan Manfaat(X3) mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 56,7% terhadap variabel terikat yaitu minat nasabah (Y), sedangkan 43,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:49
Last Modified: 28 Feb 2020 01:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/7680

Actions (login required)

View Item View Item