Persepsi Masyarakat tentang Pentingnya Pendidikan Formal Implikasinya dalam Sikap Kedewasaan Anak di Dusun Semoyo,Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Tahun 2015

Aslikudin, Nur (2016) Persepsi Masyarakat tentang Pentingnya Pendidikan Formal Implikasinya dalam Sikap Kedewasaan Anak di Dusun Semoyo,Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Tahun 2015. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NUR ASLIKUDIN (NIM 111 11 152).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aslikudin, Nur. 2016. 11111152.Persepsi Masyarakat tentang Pentingnya Pendidikan Formal Implikasinya dalam Sikap Kedewasaan Anak di Dusun Semoyo,Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Tahun 2015.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan PendidikanAgama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M. Si. Kata kunci: Persepsi, Pendidikan Formal, dan Sikap Kedewasaan Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui persepsi masyarakat Dusun Semoyo, Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, kabupaten Magelang yangmana di dusun tersebut tingkat pendidikan formal anak masih sangat minim. Adapun pertanyaan yang ingin dijawab penulis adalah 1. Bagaimana persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal implikasinya dengan sikap kedewasaan anak di dusun Semoyo, desa Sugihmas, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang, 2. Bagaimana persepsi anak dusun Semoyo, desa Sugihmas, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang terhadap pentingnya pendidikan formal anak, 3. Apakah pendidikan formal berdampak terhadap sikap kedewasaan anak di dusun Semoyo, desa Sugihmas, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, mengingat bahwa obyek yang diteliti adalah keadaan alamiah tentang persepsi sebuah masyarakat, model penelitian ini merupakan metode paling baik guna memperoleh dan mengumpulkan data asli (original data) untuk mendeskripsikan keadaan populasi dan untuk mendapatkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisis dengan reduksi data, penyusunan data dan mengambil kesimpulan. Berdasarkan temuan lapangan, ditemukan tiga kesimpulan, yaitu: 1. Masyarakat dusun Semoyo, desa Sugihmas, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang sadar akan pentingnya dunia pendidikan formal. Hanya saja, kepedulian masyarakat akan pendidikan formal masih kurang. 2. Banyak persepsi anak dalam memandang dunia pendidikan. Untuk saat ini, kebanyakan anak masih ingin melanjutkan pendidikan minimal sampai SMP. Setelah SMP banyak dari mereka yang ingin ke pondok pesantren, ada juga yang ingin bekerja membantu orang tua mereka. Pemikiran anak-anak dusun Semoyo tentang pentingnya pendidikan formal sedikit banya dipengaruhi oleh pemikiran orang tua yang masih memandang bahwa pendidikan formal tidak begitu penting. Bisa membaca, menulis, dan menghitung bagi masyarakat dusun Semoyo sudah dianggap cukup untuk bekal hidup dalam masyarakat. a. Dampak kedewasaan yang nyata bagi anak yang meneruskan pendidikan formal pada umumnya berbeda dalam masalah bergaul dengan masyarakat atau pengalaman. Anak yang meneruskan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi di dusun Semoyo biasanya lebih percaya diri dalam mengeluarkan pndapatnya di masyarakat ketika sedang bermusyawarah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:07
Last Modified: 12 Apr 2016 01:07
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item