PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SUB POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI METODE CROSSWORD PUZZL,E PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PRINGSARI 02 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2OI4

Nugroho, Nanda Wahid (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SUB POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI METODE CROSSWORD PUZZL,E PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PRINGSARI 02 KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2OI4. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nanda Wahid Nugroho_11510050.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk peningkatan hasil belajar dengan menerapkan metode crossword ptuzle pada siswa kelas 3 SD Negeri Pringsari 02 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Masalatr yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah apakah penggunaan Metode Crossword Ptzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Lingkungan Alam dan Buatan pada pembelajaran IPS Kelas 3 SDN Pringsari 02 Tahun Pelajaran 2014? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari l) Perencanaan, 2)Pelaksanrurl, 3) observasi, dan 4) Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Pringsari 02 Kecamatan Pringapus, Kebupaten Semarang yang berjumlah 36 siswa" terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Crossword Puzzle. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil penerapan metode Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siklus I, II, dan III dengan hasil pre tes dan pos tes mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata pre tes adalah 52,77 darrata-rata pos tes adalah 65,00. Dari ruta-rata pre tes dan pos /es mengalami peningkatan sebesar 12,23. Pada siklus II rata-rata pr e t e s adalah 6 l,l I dan rata-rata p o s t e s adalah 7 3,61 . D ai ruta-r ata pre tes dan pos /es mengalami peningkatan sebesar 12,5. Pada siklus III rata-rata pre tes adalah 73,33 dan rata-rata pos tes adalah 85,55. Dari rata-rata pre tes dart pos fes mengalami peningkatan sebesar 12,22. Peningkatan nilai rata-rata padapre tes dar pos tes menunjukkan metode Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan pada para guru dan calon guru untuk selalu meningkatkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan medi4 model, metode, dan strategi pembelajaran yang berinovasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 07:05
Last Modified: 09 Feb 2016 07:05
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item